10 Biaya Tersembunyi dalam Memulai Bisnis

biaya tersembunyi dalam memulai bisnis
biaya tersembunyi dalam memulai bisnis

10 Biaya Tersembunyi dalam Memulai Bisnis – Untuk dapat memulai bisnis tentu memerlukan biaya yang besar dikarenakan ada banyak jenis pengeluaran yang diperlukan untuk membuka bisnis baru. Untuk memperkirakan besarnya biaya yang harus dikeluarkan, Anda harus mencatat pengeluaran-pengeluaran tersebut dengan lebih terinci dan tercatat rapi.

Dengan mencatat estimasi pengeluran tersebut dengan rinci dan rapi, Anda akan bisa menyiapkan dana yang dibutuhkan jauh-jauh hari. Namun, pada kenyataannya ada beberapa biaya yang tidak tercatat dan terkesan tersembunyi untuk memulai suatu bisnis. Berikut biaya tersembunyi dalam memulai bisnis:

Fasilitas Karyawan

Agar kinerja seorang karyawawan memuaskan, maka perlu diberikan fasilitas yang baik. Misalnya fasilitas kompenasisi karyawan, bonus tambahan, hingga biaya lembur.

Fasilitas-fasilitas tambahan tersebut akan meningkatkan minat bagi calon karyawan untuk mendaftarkan diri menjadi karyawan dan dapat membantu meningkatkan motivasi kerja.

Biaya Penyusutan

Bisnis yang menjual produk fisik akan erat kaitannya dengan biaya penyusutan. Produk atau barang yang tidak laku dan lama tersimpan di toko akan mengalami penurunan kualitas, baik dari segi fungsi produk maupun dari bentuk fisik produk itu sendiri.

Biaya Asuransi

Asuransi tidak akan terlalu dibutuhkan saat Anda pertama kali memulai bisnis, namun seiring berjalannya waktu kebutuhan asuransi akan meningkat seperti asuransi kewajiban, kesalahan dan kelalaian, kompensasi pekerja, properti, hingga asuransi siber.

Pajak

Biaya tersembunyi dalam memulai bisnis selanjutnya adalah pajak. Untuk bisnis berskala besar pajak merupakan biaya yang wajib dikeluarkan dan perlu diperhatikan. Pajak merupakan biaya rutin yang harus dibayarkan dalam setiap periode.

Biaya Administrasi

Untuk menjalankan bisnis biaya administrasi merupakan biaya yang penting untuk menjalankan keseharian dari bisnis yang akan dijalankan. Biaya ini walaupun terlihat remeh akan memakan banyak pengeluaran yang dikeluarkan secara periodik agar bisnis bisa berjalan lancar.

Biaya Memperoleh Izin

Bisnis berskala besar terutama bisnis yang baru akan memerlukan izin operasi agar bisnis yang dijalankan dianggap legal dan tidak mendapatkan masalah ke depannya. Biaya mengurus izin ini tidak boleh Anda abaikan karena membutuhkan biaya yang relatif besar.

Pembayaran Tidak Terduga

Biaya tersembunyi dalam memulai bisnis yang tidak terduga bisa terjadi seperti kejadian yang tidak diperhitungkan sebelumnya akan terjadi dalam proses menjalankan bisnis dan membutuhkan biaya untuk memperbaikinya. Misalnya kesalahan dalam produksi barang, kesalahan karyawan, hingga peralatan yang tiba-tiba rusak.

Biaya Iklan dan Pemasaran

Banyak pebisnis menginginkan biaya iklan dan pemasaran yang terbilang kecil bahkan jika memungkinakan biaya ini dihilangkan sama sekali.

Pemasaran lewat media-media seperti lewat mulut ke mulut atau lewat blog dan channel youtube pribadi dinilai sudah cuku, akan tetapi cakupannya sangatlah minim. Anda memerlukan iklan yang efektif agar dapat membuka pasar yang lebih luas, akan tetapi iklah yang efektif memerlukan biaya yang cukup besar.

Baca juga : 5 Alasan Penting Belajar Bisnis

Biaya Teknologi

Saat ini teknologi tidak dapat dilepaskan dari bisnis yang bisa membantu produktivitas akan semakin meningkat. Biaya teknologi ini seperti biaya pembelian domain dan host, membuat situs web, sistem informasi, biaya internet, perangkat lunak, sistem akuntansi, serta penggajian.

Biaya Konsultasi

Konsultasi merupakan hal penting untuk dilakukan bagi pebisnis pemula agar bisa memberikan gambaran mengenai arah dan tujuan bisnis yang dibuat dan menyediakan gambaran mengenai target pasar, pesaing, hingga analisis-analisis terperinci yang dibutuhkan.

Itulah biaya tersembunyi dalam memulai bisnis yang perlu diketahui. Hendaknya Anda  harus lebih teliti memerhatikan segala jenis biaya yang diperlukan untuk memulai bisnis.