3 Manfaat Mentor dalam Bisnis Rintisan Anda

3 manfaat mentor dalam bisnis rintisan anda – Dalam mengambil setiap keputusan maupun mengembangkan usaha sekaligus koneksi dari kemitraan, maka Anda bisa menggunakan jasa mentor untuk membantu dan membimbing Anda menuju kesuksesan dalam berbisnis.

Tentunya, sebagai seorang pengusaha rintisan, Anda akan merasa senang dan bangga jika bisa menciptakan sekaligus membangun visi sendiri untuk direalisasikan dalam bisnis yang Anda jalankan tersebut.

Namun, hal yang sering terjadi pada usawahan muda atau pemula adalah dimana tidak adanya pengetahuan lebih tentang hal-hal apa saja yang harus dilakukan dalam mengembangkan bisnis secara berkelanjutan. Disinilah peran seorang mentor bisnis dibutuhkan dalam pengembangan bisnis Anda.

Mentor memiliki peranan yang penting dalam sebuah perjalanan bisnis. Dimana hal ini mmebuat perusahaan teknolohi pada sektor mikro ritel mampu membantu dalam proses digitalisasi dan transformasi dari bisnis mikro.

Seorang mentor yang baik akan membantu Anda dalam membangun dan mengubah pola pikir menjadi lebih baik. Pola pikir yang dimaksudkan ini adalah dengan menjadi lebih high level view. Selain itu, Anda juga bisa banyak belajar dari para peserta yang sama-sama belajar dari mentor tersebut. Lalu, apa saja manfaat mentor dalam bisnis?

Mendapatkan Pandangan Bisnis yang Lebih Luas

Manfaat nyata yang bisa Anda peroleh dengan menggunakan seorang mentor dalam bisnis Anda adalah dimana Anda memiliki tempat untuk bertanya sekaligus mendapatkan nasihat dari sosok yang lebih berpengalaman di bidangnya untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan Anda dalam menjalankan sebuah bisnis.

Seorang mentor juga akan membantu Anda dalam melihat masalah dan situasi dari perspektif eksternal bisnis, sperti halnya calon investor, maupun melihatnya dari sisi konsumen. Bisa diambil kesimpulan bahwa manfaat mentor disini adalah untuk membantu Anda dalam melihat lebih luas terkait dengan perspektif ekonomi dan sosial.

Memperluas Kemitraan

Selain bisa  memberikan pengetahuan dan dukungan yang memadai, manfaat mentor dalam bisnis lainnya adalah dimana mentor akan membantu Anda dalam memperluas jejaring profesional. Dengan jaringan luas yang dimiliki oleh seorang mentor tentunya lebih memungkinkan Anda dalam memperbesar peluang untuk tersambung dengan kemitraan baru lain yang akan membuat bisnis Anda terus tumbuh dan berkembang semakin baik.

Hal ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi Anda untuk terkoneksi dalam berbagai hal, terutama untuk pendanaan bisnis.

Melatih Mental

Selain untuk mendapatkan informasi dari metode atau strategi bisnis, Anda juga bisa mendapatkan hal yang dirasa paling krusial dari manfaat mentor dalam bisnis yakni dalam mendapatkan pengelaman para mentor yang amat berharga, bahkan sering kali pengalaman ini tidak dituliskan pada buku.

Ada banyak hal yang tentunya bisa Anda ketahui dari sesi tutorial atau buku, namun  ada hal yang mungkin tidak bisa Anda dapatkan secara singkat, yakni soal mentalitas dalam berbisnis. Dari seorang mentor, tentunya Anda akan semakin menyadari artinya perjuangan dalam mempersiapkan diri untuk menjadi seorang pebisnis yang lebih baik.

Baca juga : Struktur Proposal Bisnis untuk Mencari Investor Sebagai Media Pendanaan Modal Usaha

Contohnya saja seperti saat masa pandemi seperti sekarang, dimana banyak bisnis yang terancam. Disinilah seorang pebisnis memerlukan mental yang kuat untuk menghadapi kemungkinan terburuk dari perjalanan sebuah bisnis.

Sehingga, dalam melaluinya pun Anda akan lebih bijaksana dalam menghadapi segala kemungkinan yang bisa terjadi dalam sebuah bisnis dan akan membuat pengalaman lebih banyak.

Demikianlah penjelasan singkat terkait dengan apa saja manfaat mentor dalam bisnis yang bisa Anda dapatkan. Semoga penjelasan ini bermanfaat untuk Anda, terlebih bagi Anda yang sedang memulai bisnis.