4 Ide Bisnis Produk Digital yang Bisa Laku Terjual di Pasaran

Bisnis produk digital
Bisnis produk digital

4 Ide Bisnis Produk Digital yang Bisa Laku Terjual di Pasaran – Saat ini, kebutuhan seseorang tidak hanya sekedar produk fisik saja. Dengan perkembangan teknologi, kini muncul suatu kebutuhan akan produk digital. Produk ini bisa memiliki bentuk fisik, bisa juga tidak memiliki bentuk fisik. Bentuk fisiknya biasanya adalah berupa DVD atau VCD. Namun sat ini, penggunaan CD untuk dijadikan perantara penjualan produk digital sudah berkurang.

Untuk mendapatkan produk digital lebih mudah dengan transaksi melalui media online sama seperti produk fisik yang kini dijajakan di toko online. Bisnis semacam ini cukup menjanjikan karena tidak memerlukan banyak modal, tempat luas untuk menyimpan stok dan jangkauan pasar lebih luas. Bagi Anda yang tertarik memulai bisnis ini, ada baiknya untuk mengetahui ide produk digital yang bisa dijual di pasaran.

Tulisan

Untuk menjual karya berupa tulisan kini tidak hanya bisa dilakukan dengan mencetaknya menjadi buku, majalah atau tabloid. Kini Anda bisa menjual produk tulisan secara digital melalui berbagai situs atau aplikasi. Ide bisnis produk digital ini sangat cocok bagi Anda yang hobi, suka atau memang mencari penghasilan dari menulis namun tidak memiliki modal untuk membuatnya ke dalam bentuk cetak.

Peranti Lunak/Software

Dulu, ketika ingin memasang software ke komputer atau laptop maka membutuhkan CD sebagai perantara program software tersebut bisa sampai di tangan konsumen. Akan tetapi saat ini tidak diperlukan lagi perantara seperti itu. Perangkat lunak atau software bisa langsung dibeli, diunduh dan dipasang melalui transaksi online. Dalam hitungan menit, program yang ingin digunakan akan sudah terpasang.

Pangsa pasar perangkat lunak bahkan lebih besar jangkauannya dari sekedar tulisan yang terkadang terkendala oleh bahasa yang digunakan. Bisnis produk digital berupa software ini bentuknya universal selama produk dan perangkat compatible. Contoh peranti lunak yang biasanya dicari adalah aplikasi untuk komputer dan ponsel pintar, template, web atau situs,dan peranti lainnya yang menggunakan coding.

Video dan Audio

Produk digital yang pasti akan banyak dicari dan pasti laris manis di pasaran adalah produk video dan audio baik untuk kebutuhan hiburan, edukasi dan lain sebagainya. Tidak sedikit orang yang rela membayar hanya untuk mendapatkan video dan audio yang dibutuhkan olehnya. Ragam produk video di antaranya adalah film, video ilustrasi, dan lainnya.

Sedangkan untuk ragam produk audio lebih banyak macamnya. Ada musik, rekaman materi perkuliahan atau pembelajaran lainnya, e-book, sound effect dan lainnya. Kedua produk ini bahkan bisa dijadikan sebagai produk video dan audio baru jika Anda pandai menkombinasikan, tentunya harus ada izin apabila karya berlisensi. Bisnis produk digital yang satu ini dijamin tidak akan lekang oleh waktu.

Baca juga : Era Digital, Zamannya Produk Digital! Nikmati 5 Keuntungan yang Ditawarkan oleh Bisnis Jual Beli Produk Digital Ini!

Fotografi

Suka membuat quote dan memajang di media sosial? Atau justru membutuhkan gambar untuk digunakan sebagai background? Maka yang dibutuhkan adalah berbagai foto yang tepat dan berkualitas. Tidak sedikit orang yang rela menyewa fotografer hanya untuk mendapatkan gambar yang tepat dan ini bisa dijadikan peluang untuk membuka usaha di bidang foto digital, terutama bagi para fotografer.

Dari semua ide bisnis produk digital atas, adakah yang sudah Anda pilih untuk dijadikan lahan mencari pundi-pundi kehidupan? Ketika Anda sudah memutuskan produk mana yang akan dijual, pastikan Anda memilih marketplace yang tepat karena ini akan mempengaruhi tingkat penjualan juga. Jangan lupa untuk melakukan promosi supaya produk Anda semakin dikenal banyak orang supaya akhirnya dibeli dan dipakai.