4 Ide Usaha Sampingan untuk Ibu Rumah Tangga, di Rumah Tetap Menghasilkan dan Tetap Berkarya

usaha sampingan
usaha sampingan

4 Ide Usaha Sampingan untuk Ibu Rumah Tangga, di Rumah Tetap Menghasilkan dan Tetap Berkarya – Banyak orang yang merasa bahwa menjadi ibu rumah tangga maka berhenti mengejar karir atau tidak bisa membuka usaha sendiri. Pemikiran seperti itu hanyalah pemikiran kolot yang harus disingkarkan jauh-jauh. Saat ini, ibu rumah tangga tetap bisa mengejar mimpi meski dari rumah dan bisa punya usaha sendiri yang tidak kalah megah. Semua bisa terwujud ketika melangkah dengan jalan yang tepat.

Hanya saja, ketika memutuskan mewujudkan mimpi tersebut banyak para ibu rumah tangga yang terkendala dengan modal. Jika meminta pada suami, justru terkadang mendapat komentar negatif bukannya dukungan. Tapi, di zaman modern sekarang ini modal bukan lagi hambatan dan para suami tidak perlu mengeluh terlebih dahulu. Dengan beberapa ide usaha sampingan ini, pemasukan bulanan justru bisa bertambah.

Penulis Lepas

Dulu, profesi penulis lepas bisa ditemukan di berbagai media massa seperti koran atau majalah. Tapi saat ini, Anda bisa memulai jadi penulis lepas di berbagai media online. Ini merupakan usaha sampingan yang sangat cocok bagi ibu rumah tangga yang suka menulis. Peranan penulis lepas termasuk penting untuk mengisi konten pada suatu situs, membuat iklan produk atau juga konten media sosial.

Membuat Kerajinan Tangan

Apa Anda merupakan ibu rumah tangga yang lebih terampil dalam membuat kerajinan tangan? Jangan biarkan keterampilan itu terbuang sia-sia, jadikanlah ini sebagai salah satu langnkah membuat usaha sendiri dari rumah dan bisa dipasarkan secara online. Apabila Anda bisa mengolah berbagai bahan menjadi suatu kerajinan berkualitas tinggi maka manfaatkanlah dan dapatkan keuntungan besar.

Kerajinan tangan biasanya bersifat unik dan itulah alasannya untuk beberapa jenis produk bisa dipatok dengan harga tinggi. Namun jika Anda ingin menyasar pasaran menengah ke bawah, juallah produk yang memang memiliki harga terjangkau. Jenis kerajinan tangan yang biasanya cocok dijadikan usaha sampingan adalah suvenir untuk berbagai acara, hantaran seserahan, hampers, parsel dan lain sebagainya.

Jasa Catering

Bagi Anda yang hobi memasak dan menikmati memasak dalam porsi banyak dengan rasa makanan yang enak, mungkin ini saatnya bagi Anda untuk mulai memikirkan membuka catering. Kenapa membuka catering lebih disarankan bagi ibu rumah tangga dari pada membuka restoran atau kedai? Karena tahapan membuka katering lebih sederhana, tidak serumit membuka restoran atau kedai.

Dengan membuka katering, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sewa tempat dan semua biaya yang dimiliki bisa difokuskan pada produksi dan pegawai. Usaha sampingan ini bisa dimulai dengan membuat pesanan katering untuk arisan, syukuran tetangga, prasmanan untuk acara-acara tertentu dan lain sebagainya. Jika ingin mendapat konsumen lebih luas, manfaatkan media sosial untuk pemasaran.

Baca juga : 4 Ide Bisnis Produk Digital yang Bisa Laku Terjual di Pasaran

Menjadi Dropshipper

Bagi yang sering berbelanja online, tentunya tidak akan bingung dengan istilah dropship. Ini adalah bentuk penyaluran barang tanpa perlu memiliki barangnya di tangan. Bagi Anda yang suka berjualan namun ternyata tidak punya cukup modal untuk pengadaan barang, kenapa tidak mencoba untuk menjadi dropshipper atau penyalur barang. Tugas Anda hanyalah mengatur pemesanan dan promosi.

Sebagian besar ide usaha sampingan di atas minim modal sehingga bisa dimulai kapan saja selama Anda sudah memiliki niatan kuat. Supaya tidak jadi bahan omelan suami atau anggota keluarga lain, Anda harus pintar-pintar mengatur waktu dalam menjalankan usaha tersebut dengan kewajiban sebagai seorang istri. Jika berhasil, kebahagiaan akan datang bukan hanya pada Anda sendiri tapi keluarga juga.