4 Langkah Jitu Memulai Bisnis Properti Syariah

bisnis properti syariah
bisnis properti syariah

4 Langkah Jitu Memulai Bisnis Properti Syariah. Geliat masyarakat dalam memiliki properti atau investasi rumah berbasis syariah semakin hari semakin tinggi. Hal ini diamati banyak kalangan, karena saat ini masyarakat sudah semakin cerdas dan tidak ingin lagi terjebak oleh unsur-unsur riba yang haram.

Dengan memiliki properti berbasis syariah, masyarakat merasa lebih aman dalam bertransaksi sekaligus memiliki properti tersebut. Hal ini juga yang menjadi peluang bisnis yang sangat prospektif di masa depan bagi para pebisnis yang bergelut di bidang properti.

Walaupun bisnis properti bukanlah bisnis yang murah. Namun tentunya tren dan minat masyarakat pun sangat menentukan kesuksesan bisnis ini. Melihat tren masyarakat saat ini yang lebih memilih kepemilikan rumahnya berdasarkan nilai-nilai syariah, maka bisa dipastikan bisnis properti syariah pun akan semakin meningkat dan menguntungkan.

Bagi Anda yang sudah lama bergelut di bidang bisnis properti, namun belum pernah masuk ke  properti syariah, inilah saat yang tepat. Namun, tentu saja beberapa hal berikut harus Anda perhatikan sebelum Anda banting stir ke bisnis ini.

Pelajari Ilmu dan Kaidah Syariahnya

Mengapa harus dipelajari? Karena walau Anda telah paham tentang cara jual beli rumah pada umumnya. Prinsip atau dasar dari nilai-nilai syariah tetap harus Anda pelajari dan pahami terlebih dahulu.

Hal ini merupakan dasar bagi para pebisnis yang ingin beralih ke bisnis yang lebih halal tanpa adanya unsur riba yang mengharamkannya. Anda bisa mencari tahunya dari seorang konsultan bisnis yang benar-benar paham tentang kaidah atau dasar dari bisnis properti syariah.

Bersabarlah dalam proses mempelajari ilmu tersebut. Karena Anda akan menemukan banyak hal yang lebih menarik dan lebih menguntungkan dari apa yang Anda jalani selama ini. Tanyakan dengan detail apa-apa saja yang perlu Anda ketahui dan mintalah saran pada mereka.

Apa yang Perlu Anda Lakukan untuk Memulai Bisnis Popeti Syariah?

Persiapan Modal

Karena bisnis syariah tidak mengenal unsur riba, maka jangan pula Anda memaksakan diri dalam permodalannya. Jangan pula mencampuradukkan antara yang haram dengan yang halal, misalnya dengan melakukan pinjaman modal di bank konvensional untuk permodalannya.

Ada baiknya untuk permodalan, Anda memaksimalkan modal yang ada saja terlebih dahulu. Anda bisa melakukan perhitungannya di awal. Sehingga Anda tidak kehabisan modal sebelum pembangunan rumah di bisnis properti syariah ini berakhir.

Jika memungkinkan, lakukan kerjasama dengan pengembang melalui sistem bagi hasil. Sehingga Anda dan pengembang bisa mendapatkan keuntungan hasil penjualan rumah bersama-sama.

Baca juga : 5 Manfaat Bisnis Properti, Inilah Hal Penting Yang Perlu Anda Tahu

Cari Lahan Properti yang Strategis

Tidak mudah memang mencari lahan untuk pembangunan rumah masal yang strategis. Namun, hal ini tetap Anda harus lakukan dengan baik, karena jika lahan yang dipilih bukanlah lahan strategis, maka uang Anda hanya akan mengendap di lahan tersebut.

Anda tentu tidak ingin bisnis properti syariah Anda merugi, bukan? Untuk itu lakukan pemilihan lahan yang tepat dan strategis, agar manakala lahan tersebut telah dibangun perumahan, banyak orang yang tertarik untuk membelinya.

Cek Legalitas

Tidak ada bedanya antara bisnis properti non syariah dengan syariah. Semua bisnis tersebut membutuhkan legalitas di mata hukum. Untuk itu, wajib bagi Anda teliti dalam mengecek dan mengurus detail persyaratan legalitasnya.

Dengan teliti dalam memeriksa segala kelengkapan legalitas yang diperlukan. Hal ini dapat mencegah kerugian dan masalah yang akan terjadi di kemudian hari. Anda pun tenang dalam menjalani bisnis ini.

Demikian 4 langkah jitu dalam memulai bisnis properti syariah. Jangan ragu untuk memulai hal baru yang lebih halal dan syar’i. Semoga dengan ikhtiar ini, bisnis properti Anda semakin maju dan sukses.