5 Cara Mengelola Modal Usaha

cara mengelola modal usaha
cara mengelola modal usaha

5 Cara Mengelola Modal Usaha – Dalam membuat sebuah bisnis, pasti dibutuhkan modal usaha. Modal harus diatur sedemikian rupa, hingga bisnis tidak mengalami kerugian.

Banyak cara untuk mendapatkan modal usaha, bisa dari tabungan sendiri, keluarga, bank, hingga kemungkinan dari menggadaikan atau menjual aset.

Kisaran modal pun beragam, ditentukan dengan jenis bisnis yang akan dijalankan. Lantas bagaimana agar modal yang sudah digelontorkan tidak menjadi sia-sia, berikut ini 5 tipsnya untuk Anda.

Perencanaan yang Matang

Tip yang pertama adalah dengan membuat perencanaan yang jelas dan matang. Ini juga yang akan menentukan sukses atau tidaknya bisnis yang akan Anda jalankan. Karenanya, jangan pernah melewatkan untuk membuat perencanaan bisnis, hingga bisa menentukan banyak hal, seperti: di mana dan kapan akan memulai. Menentukan target, hingga bagaimana promosi akan dilakukan, dan lain sebagainya,

Siapkan strategi yang akan dilakukan serta siapkan pula rencana-rencana cadangan untuk guna mendukung strategi bisnis Anda. Benar, bahwa pada setiap bisnis akan ditemui berbagai macam masalag, dari rencana yang matang diimbangidengan mental yang kuat, setidaknya Anda akan siap bila masalah datang.

Fokus Pada Satu Bidang

Tip yang kedua cara mengelola modal usaha adalah dengan fokus pada satu bidang usaha, Untuk pebisnis pemula, mungkin tergoda untuk mencoba berbagai macam bisnis. Belum lagi bila diiming-imingi hasil yang besar dalam waktu singkat. Sayangnya, memiliki lebih dari satu bisnis dalam satu waktu hanya akan membuat Anda tidak akan fokus.

Karena itu, ada baiknya Anda hanya memilih satu bidang saja untuk ditekuni. Sehingga fokus Anda tidak akan terbagi, dan memungkinkan bisnis akan lebih cepat berkembang. Jika bisnis pertama sudah terlihat berkembang dengan baik, baru Anda bisa menengok bisnis lainnya.

Kelola Keuangan

Berikutnya yang perlu Anda perhatikan agar modal usaha bisa terus berkembang adalah, dengan melakukan pengeloaannya dengan baik. Pastikan keuangan bisnis tidak dicampur adukkan dengan keuangan pribadi.

Lalu, buat anggaran secara berkala, untuk mengetahui apakah arus keuangan dari bisnis yang Anda kelola, berjalan lancar atau bermasalah. Cara mudah untuk memonitor keuangan, bisa dengan menggunakan aplikasi atau software akutansi, ini akan memudahkan Anda melakukan pencatatan, bahkan laporan bisa dibuat dengan lebih cepat, tepat serta efisien.

Kas

Selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membuat kas. Dari uang kas yang dikumpulkan, Anda bisa melakukan banyak hal, seperti mendapatkan modal tambahan, ganti rugi, rewards, hingga kemungkinan digunakan sebagai modal untuk mendukung inovasi yang akan dikembangkan.

Baca : Ketahui Hal-hal Berikut Sebagai Pelaku Bisnis Startup

Evaluasi

Cara mengelola modal usaha juga bisa dilakukan dengan melakukan evaluasi yang berdasarkan catatan arus kas bisnis yang telah Anda buat. Di sini, Anda bisa melakukan analisa, hasil penjualan, modal membeli bahan baku, biaya produksi, dan lain sebagainya.

Dari catatan yang sudah dibuay, Ada bisa mengetahui pengeluaran mana yang besar atau yang kurang.

Evaluasi sendiri tidak melulu tentang keuangan dan catatannya, Anda bisa melakukan evaluasi bisnis, terkait produk, teknik pemasaran, kompetitor, inovasi, dan yang lainnya. Bahkan momen ini juga bisa digunakan oleh Anda untuk berbincang dengan karyawan atau mereka yang telah berpengalaman menjalani bisnis.

Itu dia beberapa tip cara mengelola modal usaha. Seiring berkembangnya bisnis, Anda akan mengenali polanya sendiri sehingga akan lebih paham, bagaimana mengaturnya. Yang tidak kalah pentingnya adalah, terus belajar dan memperbaiki diri bagaimana modal yang telah dikeluarkan bisa membangun bisnis Anda hingga menjadi bisnis yang dengan hasil yang Anda inginkan.