5 Ide Bisnis Pertanian Rumahan Berpeluang Besar

bisnis pertanian
bisnis pertanian

5 ide bisnis pertanian rumahan berpeluang besar – Jika Anda memiliki resolusi untuk menjalankan bisnis tahun ini, maka Anda bisa mencoba bisnis pertanian sebagai pilihannya. Pasalnya, ada banyak jenis bisnis pertanian yang berpotensi memiliki keuntungan yang cukup besar karena produk yang dihasilkan tersebut merupakan salah satu kebutuhan dasar dari manusia.

Bisnis pertanian ini tidak selalu membutuhkan lahan yang luas dan modal yang besar untuk memulainya. Anda bisa memulai bisnis rumahan di bidang pertanian dengan lahan berukuran cukup untuk mendapatkan keuntungan yang lumayan.

Lantas, apa saja ide bisnis pertanian  yang bisa Anda coba dirumah dan tentunya bisa memberikan keuntungan besar untuk Anda? Simak penjelasannya berikut ini untuk Anda.

Menjual Tanaman Organik

Ide bisnis rumahan di bidang pertanian yang pertama adalah dengan menjadi petani dari tanaman organik. Saat ini, memang permintaan akan jenis tanaman organik sedang tinggi di pasaran. Hal ini dikarenakan jenis dari tanaman organik dianggap menjadi salah satu jenis tanaman yang lebih sehat jika dibandingkan dengan jenis tanaman lainnya.

Penjual Tanaman Obat

Ide bisnis pertanian rumahan selanjutnya yang bisa Anda coba dirumah adalah dengan menjadi penjual tanaman obat-obatan. Di masa pandemi seperti saat ini, memang obat-obatan herbal masih menjadi salah satu pilihan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat sebagai upaya untuk menjaga diri dari paparan virus Covid-19 ini.

Melihat kondisi yang seperti ini, tentunya bisa menjadi ladang bagi Anda yang ingin mendapatkan keuntungan lebih dari menjadi seorang petani dari tanaman obat herbal. Jika memang Anda tertarik, maka Anda bisa memilih jenis tanaman obat seperti temulawak, kumis kucing, maupun daun sirih. Jenis tanaman obat ini bisa Anda tanam meskipun dengan lahan yang terbatas.

Penjual Bibit Tanaman

Ide bisnis pertanian rumahan lainnya adalah dengan menjual bibit tanaman. Pembatasan sosial yang diterapkan oleh pemerintah di masa pandemi seperti saat ini membuat hobi baru banyak yang bermunculan, salah satu yang sedang populer di kalangan masyarakat adalah memelihara tanaman.

Nah, melihat situasi seperti saat ini, bisa dijadikan sebuah pilihan untuk Anda menjual bibit tanaman yang keuntungannya juga tidak kalah menjanjikan. Anda bisa menjual bibit sayuran maupun bibit buah-buahan, atau bahkan bibit bunga yang saat ini memang sedang marak.

Blogger Pertanian

Ide pertanian yang selanjutnya adalah dimana Anda bisa menjadi seorang blogger di bidang pertanian. Anda bisa membuat sebuah blog yang diisi dengan banyak konten seputar pertanian. Peluang yang satu ini memang cukup menjanjikan. Pasalnya, belum banyak juga yang menggeluti profesi ini, jadi dengan modal yang kecil tentu bisa membuat Anda menghasilkan pemasukan yang besar.

Baca juga : Bisnis di Masa Pandemi yang Patut  Dicoba Keuntungan Menggiurkan

Menjual Tanaman Rempah

Pastinya Anda sudah tahu jika Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan rempah-rempahnya. Maka tidak heran bukan jika banyak penjajah yang ingin menguasai Indonesia hanya karena hal tersebut? Kekayaan akan rempah-rempah ini juga mengundang banyaknya permintaan dari pasar luar negeri, lho.

Oleh karena itu, Anda bisa menjadi penjual dari tanaman rempah ini, terlebih di masa pandemi seperti saat ini. Tanaman rempah yang bisa Anda jual diantaranya adalah bawang merah, bawang putih, asam jawa, cabai, cengkih, akar wangi, hingga kapulaga.

Dan inilah beberapa ide bisnis pertanian rumahan yang bisa Anda coba dirumah meskipun dengan lahan yang terbatas. Semoga penjelasan diatas mampu memberikan Anda referensi mau berbisnis apakah Anda hari ini.