5 Strategi Pemasaran Online Untuk Menjangkau Lebih Banyak Konsumen

strategi pemasaran online
strategi pemasaran online

5 Strategi Pemasaran Online Untuk Menjangkau Lebih Banyak Konsumen – Saat ini perkembangan teknologi dan internet cukup pesat. Sebagai akibatnya, pergeseran diberbagai bidang pun tidak bisa dihindarkan. Termasuk dalam bidang perdagangan dan ekonomi yang sudah mulai bergeser ke ranah digital dengan memanfaatkan koneksi internet sebagai medianya.

5 Jenis Strategi Pemasaran Online Yang Bisa Digunakan Untuk Menjangkau Konsumen

Semakin luasnya akses internet dan dunia digital, membuat aktivitas pemasaran pun juga turut berubah. Jika dahulu pemasaran lebih banyak dilakukan secara konvensional, kini semakin banyak kegiatan pemasaran yang menggunakan media digital dan internet untuk menjangkau lebih banyak target konsumen perusahaan. Bagi Anda yang masih penasaran dengan jenis-jenis strategi pemasaran online, berikut adalah beberapa diantaranya yang perlu diketahui.

  1. Mengoptimalkan Search Engine Optimization (SEO) Untuk Produk Anda

Bagi Anda yang tidak berkecimpung dalam dunia digital mungkin akan merasa asing dengan istilah ini. Secara sederhana dapat dipahami bahwa Search Engine Optimization (SEO) merupakan kumpulan cara sedemikian rupa sehingga bisa digunakan untuk membuat produk Anda muncul di halaman mesin pencari untuk kata kunci tertentu.

Mengoptimalkan SEO akan bisa membuat produk Anda menjadi lebih mudah ditemukan oleh para pengguna internet dari berbagai wilayah. Hal ini akan membawa trafik organic pada situs produk Anda sehingga berpotensi untuk meningkatkan konversi pembelian pada produk-produk yang Anda miliki.

  1. Memanfaatkan Social Media Marketing (SMM)

Strategi pemasaran online yang bisa Anda gunakan selanjutnya untuk menjangkau lebih banyak calon target konsumen adalah dengan memanfaatkan sosial media marketing. Seperti yang sudah diketahui bahwa jumlah pengguna media sosial di Indonesia cukup tinggi. Hal ini menjadi peluang tersendiri karena Anda juga bisa menggaet pelanggan lewat media sosial yang Anda miliki.

  1. Content Marketing Yang Menarik

Strategi untuk melakukan pemasaran secara online yang bisa Anda gunakan selanjutnya adalah Content Marketing. Konten marketing yang baik dan menarik, juga bisa mendatangkan trafik kunjungan yang cukup signifikan bagi website produk Anda. Konten marketing tersebut bisa berupa tulisan, gambar, audio, ataupun juga dalam bentuk konten video singkat yang unik dan menarik dan memberikan manfaat untuk calon konsumen Anda.

  1. Melakukan Pemasaran Menggunakan Search Engine Marketing (SEM)

Jika Search Engine Optimization (SEO) lebih berorientasi pada upaya untuk mendatangkan trafik organic lewat serangkaian langkah-langkah yang rumit untuk membuat produk atau website Anda muncul di halaman pencari lewat kata kunci tertentu, lain halnya dengan Search Engine Marketing (SEM).

Search Engine Marketing adalah serangkaian upaya menarget kata kunci tertentu di mesin pencari dengan mengeluarkan biaya iklan untuk kata kunci tersebut. Dengan cara ini, Anda akan ‘lebih mudah’ untuk bisa tampil di laman mesin pencari. Namun Anda tetap perlu cermat dalam mengatur budget karena pengaturan yang sembarangan bisa membuat kondisi budget untuk marketing Anda menjadi membengkak dan bahkan boncos.

Baca juga : Pentingnya Digital Marketing untuk Bisnis Era 4.0

  1. Pemasaran Dengan Memanfaatkan Bantuan Influencer

Bagi Anda yang sering berinteraksi dengan dunia digital seperti media sosial, tentunya tidak akan terlalu asing dengan istilah influencer, endorsement, dan lain sebagainya.  Sebenarnya Anda juga bisa memanfaatkan keberadaan para influencer tersebut sebagai salah satu strategi pemasaran produk-produk Anda secara online.

Saat ini sudah semakin banyak influencer yang bisa Anda temukan mulai dari influencer di Facebook, Instagram, Youtube dan lain sebagainya. Anda bisa menggunakan ‘bantuan’ para influencer tersebut untuk mempromosikan produk-produk Anda agar bisa menjangkau calon konsumen yang lebih luas.

Demikianlah beberapa strategi pemasaran online yang perlu Anda ketahui untuk meningkatkan jangkauan target calon konsumen Anda. Kini berbekal dengan beberapa strategi tersebut Anda bisa mulai merancang dan memikirkan strategi yang baik dan tepat sesuai dengan perusahaan dan produk yang Anda miliki.