5 Tips Mendirikan Bisnis Startup, Anda juga Bisa

mendirikan bisnis startup
mendirikan bisnis startup

5 Tips Mendirikan Bisnis Startup, Anda juga Bisa! Jumlah pelaku bisnis rintisan atau biasa disebut startup di negeri ini jumlahnya lebih dari 1000. Namun bukan berarti Anda tidak memiliki peluang untuk mendirikan bisnis serupa. Yang terpenting adalah, bisnis yang akan Anda bangun berbeda dengan bisnis-bisnis sebelumnya,

Ya, variasi dari bisnis startup di Indonesia, memang masih kurang beragam. Ini yang membuat Anda harus jeli dan pintar-pintar menemukan celah agar bisa menjadi bisnis startup yang berbeda, meskipun tidak mudah. Berikut ini adalah 7 tips bagi Anda yang ingin menjajal dunia bisnis startup.

Ide

Bisnis tidak akan bisa dimulai bila Anda tidak memiliki ide apa pun. Mulailah menemukan ide untuk membangunnya, ide sendiri bisa dimulai dari yang paling sederhana, kreatif juga unik. Ada baiknya Anda tidak mengikuti bisnis yang tengah tren dan tidak Anda kuasai.

Produk atau jasa apa pun yang ingin Anda tawarkan baiknya berbeda dengan bisnis sebelumnya. Ini yang akan membuat bisnis Anda terlihat menarik. Temukan celah kosong dengan terus berpikir kritis dan inovatif, hingga Anda menemukan bisnis yang paling tepat.

Pastikan juga Anda mengetahui benar, pangsa pasar mana yang hendak Anda tuju. Untuk itu, Anda juga butuh melakukan riset.

Tim

Jangan berpikir bahwa Anda bisa sukses seorang diri dalam sebuah bisnis. Anda membutuhkan tim agar bisnis bisa berkembang dengan baik. Di sini Anda perlu menentukan tim yang tepat, solid dan pastinya bisa menjaga konsistensinya.

Tim yang dibentuk harus memiliki visi yang sama dengan Anda. Sebagai pemilik bisnis, Anda juga harus bisa menetapkan komitmen atas bisnis yang tengah dibangun, Dari tim yang solid, akan memberikan pengaruh pada citra bisnis Anda di mana pun.

Investor

Tip mendirikan bisnis startup yang kedua adalah dengan menemukan investor yang tepat. Di mana investor sebaiknya sesuai dengan model bisnis yang Anda jalankan. Di sini Anda juga perlu memerhatikan karateristik dari masing-masing investor.

Awalnya mungkin Anda akan kesulitan untuk mencari investor, namun Anda tidak perlu khawatir, karena seiring berkembangnya bisnis, investor-investor akan datang dengan sendirinya pada Anda.

Roadmap

Pelaku startup yang mengalami kegagalan memang tidak sedikit, bahkan beberapa di antaranya gagal hanya karena hal-hal sepele. Padahal dari hal sepele tersebut, merupakan proses penting dari berkembangnya sebuah bisnis. Salah satunya adalah tidak memahai tujuan.

Untuk itu jika Anda ingin mendirikan bisnis startup, maka buatlah roadmap usaha yang bisa digunakan sebagai petunjuk untuk mencapai tujuan tersebut. Dari roadmap yang dibuat, Anda bisa melakukan banyak hal, seperti menganalisa ide, hingga memantau target bisnis.

Baca juga : 10 Biaya Tersembunyi dalam Memulai Bisnis

Mental

Ini juga tidak bisa dipungkiri, bahwa memiliki mentak sebagai seorang pengusaha, amat sangat dibutuhkan untuk membangun sebuah bisnis rintisan. Berwawasann luas, berani, tidak pantang menyerah, mandiri, hingga memiliki jiwa kepepimpinan, akan sangat dibutuhkan dalam pengelolaan sebuah bisnis. Butuh proses yang tidak sebentar untuk meraih kesuksesan, jika tidak bermental baja, rasa sulit untuk sampai di titik tersebut.

Anda juga haruslah orang yang memiliki rasa percaya diri, dan percaya bahwa bisnis yang Anda bangun sudah tepat. Ini mungkin tidak mudah bagi beberapa orang, mungkin Anda juga membutuhkan mentor untuk membantu Anda menjadi seperti ini.

Itu dia beberapa tip mendirikan bisnis startup, masih banyak tip lain yang bisa Anda terapkan. Yang terpenting sekarang adalah, mulai bisnis Anda dengan memikirkan sebuah ide kemudian wujudkan. Pastikan Anda fokus pada bisnis dan tidak menjalankannya dengan setengah hati.