6 Bisnis Anak Kuliahan, Cocok untuk Mengisi Waktu sekaligus Mendulang Untung

bisnis anak kuliahan
bisnis anak kuliahan

6 Bisnis Anak Kuliahan, Cocok untuk Mengisi Waktu sekaligus Mendulang Untung – Mahasiswa tentunya punya banyak aktivitas di kampusnya baik yang berkaitan dengan akademik maupun kegiatan ekstra lainnya. Hal tersebut menjadikan mahasiswa jarang memiliki waktu luang. Padahal masa-masa menjadi mahasiswa bisa menjadi waktu yang tepat untuk memulai bisnis dan belajar mengembangkannya.

Banyak orang ragu memulai bisnis di masa perkualiahan karena kesulitan membagi waktu dan pikiran. Padahal ada beberapa ide bisnis yang bagus untuk anak kuliahan tanpa mengganggu aktivitas utamanya. Peluang usaha itu bahkan bisa dijalankan dengan minim modal. Di sisi lain, keuntungan yang terkumpul bisa menjadi penghasilan tambahan daripada terus menerus bergantung pada orangtua. Inilah peluang bisnis yang dimaksud.

Bisnis Pulsa Elektrik

Bisnis pulsa menjadi ide bisnis anak kuliahan yang paling mudah dijalankan. Bisnis ini bisa dimulai dengan modal kecil yaitu hanya dengan puluhan ribu saja dan dengan memanfaatkan ponsel yang dimiliki. Dengan manajemen yang tertata, bisnis ini bisa mendatangkan keuntungan besar. Mengingat bahwa semua orang selalu membutuhkan pulsa, bisnis pulsa elektrik dinilai sebagai usaha dengan prospek yang bagus termasuk bagi mahasiswa.

Bisnis Online Shop

Masih dengan memanfaatkan gadget, anak kuliahan juga bisa memulai bisnis online shop. Seperti bisnis pulsa elektrik, menjalankan usaha online shop juga bisa tanpa modal. Sekarang sudah banyak peluang reseller atau marketer berbagai produk tanpa ada kewajiban stok barang. Dengan memanfaatkan media sosial sebagai tempat promosi, usaha online shop bisa menjanjikan pendapatan yang lumayan besar.

Bisnis Les Privat

Memanfaatkan waktu luang di sela kesibukan kuliah bisa menjadi celah untuk memulai bisnis. Salah satunya dengan menyediakan jasa les privat bagi anak-anak sekolah. Usaha ini memerlukan dasar kemampuan mengajar yang baik dan penguasaan di bidang tertentu. Apalagi menjelang ujian sekolah, kebutuhan akan guru les privat pastinya sangat tinggi. Selain untuk menambah uang saku, bisnis ini juga berguna untuk memperdalam ilmu dari bangku kuliah.

Bisnis Jasa Penerjemah

Peluang usaha yang satu ini lebih cocok bagi anak kuliahan dari jurusan bahasa. Daripada hanya menunggu waktu kelulusan, menjalankan bisnis jasa penerjemah bisa mendatangkan penghasilan yang cukup besar. Menariknya lagi, bisnis ini bisa dimulai tanpa modal. Hanya dengan memanfaatkan laptop serta kemampuan menerjemahkan, bisnis ini bisa berjalan. Jasa ini dibutukan oleh kalangan yang tidak terbatas, mulai dari umum hingga kalangan mahasiswa.

Bisnis Menulis Lepas

Ide bisnis anak kuliahan yang satu ini cocok dijalankan oleh semua jurusan. Asal memiliki kemampuan menulis yang bagus, peluang ini bisa menjanjikan pendapatan yang bisa diandalkan. Lagi-lagi jasa penulis lepas bisa dimulai tanpa modal atau bisa menggunakan laptop yang dimiliki. Keuntungan lainnya, jasa penulis lepas tidak bersifat mengikat sehingga mahasiswa bisa menyesuaikannya dengan kesibukan utamanya di perkuliahan.

Baca juga : Strategi Jitu Jalankan Bisnis Jasa Affiliate Marketing

Bisnis Barang Bekas

Siapa bilang bisnis ini hanya cocok untuk masyarakat kelas bawah? Mahasiswa pun bisa memulai bisnis barang bekas dan mendulang keuntungan dari sana. Terlebih sekarang sudah ada media sosial yang akan mempermudah promosi. Bisnis yang sering diremehkan ini akan membantu orang-orang yang memiliki barang bekas layak pakai namun tidak sempat menjualnya. Keuntungan bisa ditentukan sendiri asal masih dalam batas wajar dan masuk akal.

Menjadi mahasiswa dengan aktivitas padat tidak seharusnya menjadi alasan untuk enggan memulai bisnis. Banyak ide bisnis anak kuliahan yang mudah dijalankan, minim modal bahkan bisa menyesuaikan waktunya. Dengan berbekal kemauan serta kemampuan, bisnis di masa kuliah bisa menjadi gerbang kesuksesan.