6 Ide Bisnis Ramadhan dengan Keuntungan yang Menjanjikan

Bisnis ramadhan
Bisnis ramadhan

6 Ide Bisnis Ramadhan dengan Keuntungan yang Menjanjikan – Ramadhan adalah bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Islam. Bulan tersebut menjadi momen terbaik untuk mengerjakan ibadah sebanyak-banyaknya sebab ganjaran pahala yang akan dilipatgandakan. Di sisi lain, ramadhan menjadi bulan di mana pola hidup sehari-hari berubah lantaran beberapa ibadah yang dikerjakan.

Pola hidup yang berubah pada saat bulan ramadhan menjadikan kebutuhan sehari-hari juga berubah. Bisa dikatakan juga bahwa kebutuhan hidup selama bulan ramadhan akan lebih banyak dibanding bulan lagi, terlebih ketika sudah mendekati lebaran. Perubahan kebutuhan ini bisa dimanfaatkan sebagai peluang bisnis. Berikut ini adalah beberapa ide bisnis yang dijamin pasti laris selama bulan ramadhan.

Jual Takjil

Salah satu kebiasaan dalam bulan ramadhan adalah menyantap takjil ketika waktu berbuka. Biasanya takjil berupa makanan atau minuman ringan dengan rasa manis. Kebutuhan takjil yang menjadi menu wajib selama puasa merupakan peluang bagus. Bisnis ramadhan inipun menjanjikan untung yang besar. Sediakan menu takjil yang beragam sebagai pilihan bagi pembeli atau hadirkan menu takjil yang unik, berbeda dan bercita rasa nikmat.

Bisnis Katering

Tidak semua orang memiliki waktu luang untuk menyiapkan menu sahur dan berbuka bagi dirinya sendiri maupun keluarga. Biasanya yang demikian adalah orang-orang yang sibuk bekerja atau memiliki segudang aktivitas. Maka memberikan solusi bagi mereka bisa menjadi ladang bisnis di bulan ramadhan yaitu dengan membuka usaha catering. Untuk melengkapi layanan, bisnis ini bisa disertai dengan jasa pesan antar.

Jual Perlengkapan Ibadah

Untuk mendukung kelancaran ibadah selama bulan ramadhan, tidak jarang orang rela membeli perlengkapan ibadah baru. Tidak hanya untuk dirinya sendiri, membeli perlengkapan ibadah baru juga sering ditujukan untuk orang lain sebagai bentuk perhatian. Kebutuhan akan perlengkapan ibadah baru semakin meningkat ketika mendekati lebaran. Ini bisa menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan dengan keuntungan besar di bulan ramadhan.

Jual Parsel Lebaran

Salah satu kebiasaan saat ramadhan yang dilakukan hampir semua orang adalah memberikan bingkisan kepada orang terdekat. Bingkisan berupa parsel lebaran itu biasanya berisi barang-barang kebutuhan, seperti makanan, peralatan makan hingga perlengkapan ibadah. Karenanya kebutuhan yang tinggi akan parsel lebaran bisa jadi ide bisnis ramadhan yang bisa dilirik. Dengan berbekal kemampuan mengemas dan menghias parsel, bisnis ini mudah dijalankan.

Usaha Kue Kering

Ide bisnis selama ramadhan tidak harus berhubungan dengan kebutuhan di bulan tersebut. Momen setelahnya yaitu lebaran menjadi saat yang tak kalah dinantikan. Banyak juga kebutuhan yang diperlukan pada momen lebaran dan salah satunya adalah kue kering. Kue kering menjadi sajian utama saat lebaran untuk menjamu tamu yang datang bersilaturahmi. Usaha kue kering menjadi salah satu usaha paling ramai pembeli di bulan ramadhan.

Baca juga : 6 Bisnis Anak Kuliahan, Cocok untuk Mengisi Waktu sekaligus Mendulang Untung

Jual Baju Lebaran

Selain menyajikan kue kering, memakai baju baru juga menjadi hal yang perlu dipersiapkan di bulan ramadhan sebelum lebaran tiba. Memakai baju baru saat lebaran disebut sebagai tanda suka cita menyambut datangnya hari raya Idul Fitri. Pakaian lebaran yang bisa dibilang sebagai kebutuhan wajib bisa menjadi ladang bisnis yang sangat menguntungkan. Bahkan bisnis ini bisa dimulai tanpa modal dengan memanfaatkan peluang sebagai reseller.

Tidak hanya menjadi momen untuk mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya, ramadhan juga bisa menjadi waktu terbaik untuk meraih keuntungan bisnis sebesar-besarnya. Asalkan bisa memilih jenis usaha yang tepat, bisnis ramadhan bisa menjanjikan keuntungan yang menggiurkan. Meski dibilang bisnis musiman, nyatanya banyak orang yang bisa merasakan keuntungan besar dari bisnis di bulan ramadhan.