Apa Itu Bisnis Dropship dan Kiat Merintis dengan Modal Minim

bisnis dropship
bisnis dropship

Apa Itu Bisnis Dropship dan Kiat Merintis dengan Modal Minim – Saat ini sudah tidak zamannya lagi para ibu rumah tangga hanya menunggu dapat “jatah” uang belanja dari suaminya. Dengan berbisnis, Anda juga bisa memiliki uang hasil jerih payah sendiri tanpa harus bekerja di kantoran. Bahkan, Anda juga tidak perlu keluar rumah untuk membangun sebuah bisnis.

Tentang Dropship

Salah satu ide bisnis yang bisa Anda lakukan adalah dengan menjadi dropshipper (orang yang menjalankan usaha dropship). Ini merupakan sebuah bisnis yang dikerjakan dengan cara menawarkan produk atau jasa milik pengusaha lain ke calon konsumen. Menariknya, Anda tidak harus menimbun stok produk yang ditawarkan tersebut.

Anda juga tidak perlu susah payah packing dan mengirimnya secara manual. Sebab, kedua hal tersebut merupakan tugas dari supplier, sedangkan bisnis sebagai dropshipper adalah murni menawarkannya saja ke pihak lain. Dari hasil penjualan tersebut, Anda akan mendapatkan fee atau komisi, sesuai dengan perjanjian yang telah Anda sepakati bersama produsen.

Kiat Merintis Usaha Dropship

Sebagai seorang dropshipper, sudah menjadi tugas Anda untuk mengembangkan bisnis dropship tersebut agar semakin sukses. Untuk mewujudkan hal ini, ada beberapa kiat yang bisa Anda terapkan. Kiat-kiat tersebut diantaranya adalah:

Pemilihan Produk

Kiat pertama sebelum memulai bisnis sebagai dropshipper adalah memilih produk yang akan ditawarkan ke calon konsumen. Dengan pemilihan produk yang tepat, maka bisnis yang Anda rintis akan mengantarkan Anda pada jumlah konsumen yang meningkat.

Beberapa poin yang bisa dijadikan acuan saat memilih produk adalah

  • Jika menjual lebih dari satu barang, pilih barang yang satu niche agar Anda bisa fokus.
  • Usahakan produk pilihan Anda ringan, tahan lama (durable), tidak mudah rusak, dan bukan barang pecah belah agar tidak beresiko saat pengiriman dan murah biaya kirimnya.
  • Menawarkan yang sedang trend di pasaran (produk musiman) memang menguntungkan. Namun, untuk pemain dropship jangka panjang, cara ini kurang tepat. Lebih baik, pilih produk dengan jumlah permintaan tinggi untuk waktu yang lama.
  • Ambil produk dari supplier tangan pertama agar perolehan keuntungan semakin besar.

Rekan Bisnis yang Tepat

Dalam menjalankan bisnis dropship ini, kunci sukses yang kedua adalah memilih dengan tepat rekan bisnis Anda. Salah satu cara mendapatkan supplier adalah melalui marketplace. Namun sebelum menjalin kerjasama, uji terlebih dahulu kinerja dari supplier. Apakah responnya cepat, sikapnya ramah, stok barang yang selalu update, dan proses transaksi yang cepat.

Miliki Branding yang Kokoh

Untuk merintis usaha dropship dari awal, Anda harus memiliki branding yang kokoh agar dikenal oleh masyarakat luas. Untuk caranya tidak hanya sekadar promosi di berbagai sosial media saja. Anda bisa bekerja sama dengan influence, memberikan diskon harga melalui referral, promosi beli satu gratis satu, program coba gratis (untuk produk jasa), dan sebagainya.

Tentukan Harga Jual yang Unik

Saat menjalin kerjasama dengan supplier, sebagian ada yang menetapkan harga jual yang sama dengan sistem fee berupa persentase dari harga jual barang. Ada pula yang membebaskan para dropshipper dalam menentukan mark up harga.

Baca juga : Ide Bisnis dan Kiat Sukses Merintis Bisnis Camilan

Jika ketentuan yang berlaku di supplier pilihan Anda adalah yang kedua, jangan ragu untuk menciptakan sebuah harga jual yang unik dan bisa membuat calon konsumen tertarik. Misalnya, Rp9.999,00, Rp11.555,00, dan sebagainya.

Merintis bisnis dropship menjadi alternatif sebagian orang dalam upayanya untuk mendapatkan penghasilan. Dengan menerapkan kiat-kiat tersebut mulai dari pemilihan barang yang tepat hingga cara menciptakan harga jual yang unik. Diharapkan bisa membuat usaha yang Anda rintis bisa semakin berkembang dan dikenal masyarakat luas.