Cara Agar Start up Sukses dan Memberikan Keuntungan yang Besar

cara agar start up sukses
cara agar start up sukses

Cara Agar Start up Sukses dan Memberikan Keuntungan yang Besar – Perusahaan yang besar tentu dimulai dengan bisnis kecil, yang disebut sebagai start up. Karena banyaknya pesaing, tidak semua start up bisa menjadi perusahaan yang besar dan menguntungkan.

Agar bisnis dan start up yang Anda miliki berkembang dengan baik serta memberikan Anda keuntungan yang besar, beberapa cara berikut ini bisa Anda lakukan. Berdasakan survei, hanya ada sedikit start up yang bisa bertahan lebih dari 10 tahun, karena itu penting untuk membuat start up Anda bertahan dalam berbagai keadaan.

Masalah Utama pada Start Up

Sebelum mengetahui cara agar start up sukses, ada baiknya Anda mengetahui berbagai penyebab yang membuat suatu bisnis atau perusahaan kecil gulung tikar. Permasalahan utama start up biasanya karena kesalahan dalam merancang model bisnis, anggapan bahwa produk atau jasa yang dikembangkan akan bertahan lama tanpa inovasi merupakan kesalahan yang sering terjadi.

Selain factor tersebut, masalah lain yang cukup sering terjadi adalah kehabisan dana atau kehilangan investor dan sponsor. Bisa juga dikarenakan tekhnik marketing dan produksi yang keliru, sehingga semua dana yang dimiliki tidak bisa kembali menjadi laba.

Ketika hendak memilih produk atau jasa yang akan ditawarkan kepada pelanggan, sebaiknya pertimbangkan dengan baik dalam rapat antar rekan kerja hingga investor. Ini akan meminimalisir masalah produk atau jasa yang hendak dikembangkan, sehingga start up bisa berkembang dengan baik.

Cara Agar Start Up Sukses dan Bertahan Lama

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar start up tetap eksis dalam kancah ekonomi dan persaingan bisnis, diantaranya adalah:

  • Mengembangkan Ide

Cara agar start up sukses yang pertama adalah mengembangkan ide, seperti apa perusahaan yang hendak dibangun dan apa yang hendak ditawarkan ke khalayak umum. Apa yang membedakan perusahaanmu dengan perusahaan lain, yang mungkin memiliki produk serupa?

Poin-poin penting tersebut harus Anda catat dan kembangkan sebelum benar-benar membentuk bisnis start up. Sebelum memulai, jangan lupa untuk melakukan riset pasar, sehingga Anda tidak kesulitan menemukan pangsa pasar yang tepat atas apa yang Anda tawarkan.

  • Merancang Model Bisnis yang Dimiliki

Setelah menemukan produk atau jasa yang tepat untuk dijual, jangan lupa merancang model bisnis yang dimiliki. Dengan begitu, kemungkinan produk bersaing di pasaran menjadi lebih besar.

Ada beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan ketika hendak merancang model bisnis, diantaranya adalah menyesuaikan produk atau jasa yang dijual dengan tekhnik marketing, target konsumen yang hendak dituju, dan rencana ke depan antara 3 sampai 5 tahun.

Baca juga : Ide Bisnis yang Menjanjikan di Masa Depan, Cocok Bagi Anda yang Bosan Jadi Karyawan

  • Rekrut Orang yang Tepat

Selanjutnya adalah melakukan rekruitmen orang yang tepat. Jangan sampai Anda salah memilih karyawan dan rekan kerja, yang mengakibatkan rendahnya produktifitas dan layanan kepada pelanggan.

Anda tidak perlu melakukan rekruitmen dalam jumlah besar, apalagi jika budget yang Anda miliki terbatas. Cukup isi beberapa posisi yang sekiranya penting, sehingga proses produksi, marketing, dan pelayanan kepada konsumen dapat berjalan dengan baik.

Jangan lupa, sebagai perusahaan yang baru berkembang Anda membutuhkan dana yang cukup besar. Anda bisa mendapatkan dana tersebut dari berbagai tempat, bisa dengan membuka saham yang dimiliki, meminjam instansi keuangan, atau memanfaatkan dana yang dimiliki oleh investor. Cara agar start up sukses ini harus diterapkan secara bersamaan, sehingga hasilnya bisa segera terlihat.