6 Cara Buka Usaha Bisnis Butik Online untuk Pemula

Bisnis butik
Bisnis butik

6 Cara Buka Usaha Bisnis Butik Online untuk Pemula- Anda memiliki kesenangan di dunia fashion dan berkeinginan untuk buka usaha butik? Anda tidak perlu khawatir, hal ini karena perkembangan internet memungkinkan Anda dapat membangun bisnis dan menjual berbagai kebutuhan produk. Anda tidak perlu melakukan sewa foto fisik, perhiasan maupun pakaian.

Apabila Anda belum memiliki pengalaman untuk membuka butik sendiri, maka sebaiknya Anda perlu mempelajari beberapa langkah untuk membuka bisnis sendiri:

  • Perencanaan Bisnis sesuai Keinginan

Bagian ini merupakan langkah penting dalam menjalankan bisnis dari awal hingga sukses. Anda perlu merancang business plan dengan memudahkan seseorang dalam pengelolaan dan menjalankan usaha. Anda dapat merencanakan biaya pengeluaran yang sudah disusun dari banyak biaya yang dipinjam dari investor maupun bank.

Sebagai pemilik butik, Anda perlu memeperhatikan beberapa elemen penting yang perlu Anda ketahui seperti, penentuan brand bisnis butik Anda, target pasar mulai dari lokasi, gender, pekerjaan, rentang umur dan pendapatan. Selain itu, Anda perlu memperhatikan tampilan visual yang dirancang agar terlihat menarik bagi pelanggan.

Di dalam perencanaan bisnis, Anda juga perlu menentukan sekaligus mencari supplier, perencanaan untuk menyimpan serta pengiriman barang. Beberapa hal di atas perlu Anda pahami agar perencanaan bisnis sesuai dengan keinginan.

  • Pendaftaran Butik sebagai Usaha

Sebelum Anda membuka butik secara online dan sifatnya resmi, maka Anda perlu melakukan pengurusan dan melengkapi berbagai jenis dokumen. Tentunya, dokumen yang diminta antara satu daerah dengan daerah lain berbeda. Anda dapat melakukan riset maupun konsultasi dengan pihak hukum di daerah untuk kelengkapan dokumen.

Di Indonesia, setiap pelaku usaha diwajibkan untuk melakukan pengurusan Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK). Hal tersebut dilakukan agar usaha tersebut dilindungi oleh hukum.

Kelengkapan dokumen dpat berupa surat pengantar RT atau RW, fotokopi KTP dan dokumen lainnya, fotokopi KK dan dokumen lainnya, serta foto 4×6 cm. Anda perlu melakukan pendaftaran butik online ke Direktorat Jenderal Pajak untuk memperoleh nomor pajak.

Apa yang Perlu Anda Lkukan Untuk Menjalankan Bisnis Butik?

  • Membuat Website Online Shop dengan Platform Ecommerce

Terdapat banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mengenalkan bisnis di dunia internet. Salah satu caranya dengan membuat website sendiri dengan model platform eCommerce.

Dengan hal tersebut dapat membantu Anda untuk melakukan kendali secara penuh mengenai proses pembyaran, desain usaha butik dan pengalaman belanja konsumen.

Terdapat beberapa jenis platform eCommerce yang paling banyak dipakai diantaranya WooCommerce, PrestaShop dan Magento.

  • Pengaturan Desain Website Butik

Cara paling mudah untuk mendesain website bisnis butik dengan memakai tema. Anda perlu memperhatikan beberapa hal ketika memilih tema eCommerce diantaranta, user friendly, responsif dan menunjukkan brand Anda.

Apabila Anda memilih platform WooCommerce, Anda dapat menentukan tema pada direktori WordPress, secara menyeluruh tema yang disediakan dapat diintegrasikan dengan memakai plugin WooCommerce atau dapat memanfaatkan koleksi template baik free maupun berbayar.

Tidak hanya itu, Anda dapat memilih marketplace PrestaShop dengan berbagai pilihan tema. Presta Shop juga memiliki PrestaBrain yang memberikan berbagai pilihan template yang sudah dioptimasi untuk platform tersebut.

Selain beberapa jenis platform di atas, Anda dapat memilih platform Magento. Namun, pilihan temanya terbatas. Meskipun demikian, Anda bisa mendapatkan berbagai jenis koleksi tema dari ThemeForest maupun TemplateMonster.

Tidak hanya memilih tema saja, Anda juga perlu melakukan pengaturan dan konfigurasi desain website, beberapa diantaranya meliputi logo brand pada header sebagai penanda bisnis butik online Anda, kustomisasi seperti layout, tipografi, elemen halaman situs dan lainnya.

Baca juga : 5 Keunggulan Bisnis Saat Menjalankan Bisnis Secara Mandiri

  • Pengelolaan Website Bisnis Butik

Anda perlu melakukan pengelolaan website agar tetap berjalan dan tertata, tentunya kebutuhan produk baru perlu Anda tayangkan agar konsumen tertarik dan mencari produk yang diinginkan. Selain itu, penambahan produk secara berkala maupun informasi penting yang mengarahkan konsumen ke produk juga perlu mendapatkan perhatian.

  • Promosi Produk

Anda perlu melakukan digital marketing atau promo secara offline ke konsumen mengenai produk. terdapat cara lain yang perlu Anda lakukan yaitu membangun trik marketing melalui media sosial, bekerja sama dengan influencer dan iklan berbayar.

Itulah beberapa langkah membuka bisnis butik secara online bagi pemula. Pastikan setiap usaha yang Anda lakukan tidak sesuai dengan minat. Hal ini akan berdampak pada kelanjutan usaha di masa mendatang.