Cara Merintis Bisnis Jasa Pengetikan yang Mendulang Sukses

bisnis jasa pengetikan
bisnis jasa pengetikan

Cara Merintis Bisnis Jasa Pengetikan yang Mendulang Sukses – Dalam hal mengetik, mungkin sebagian besar orang bisa melakukannya. Namun, untuk menghasilkan ketikan yang rapi dan cepat, tidak semua orang mampu. Apalagi jika dihadapkan pada kewajiban untuk mengetik ratusan lembar dokumen dalam waktu yang terbatas.

Disinilah peran seorang penyedia jasa pengetikan dibutuhkan oleh kalangan tertentu. Misalnya, mahasiswa yang mengerjakan skripsi atau perusahaan yang ingin membangun website dan mengisinya dengan konten atau artikel yang berbobot secara berkala. Dulu, jenis bisnis yang satu ini hanya ada di toko rental komputer, warnet, dan fotocopy.

Namun saat ini, Anda bisa dengan mudah menemukan berbagai penawarannya di internet. Sebab, peluang untuk mendapatkan kesuksesan ternyata cukup menjanjikan, terutama bagi orang yang lihai mengetik menggunakan 10 jari tanpa ada kesalahan ketik. Bagi Anda yang ingin merintis usaha ini, ada beberapa cara yang harus dilakukan, diantaranya adalah:

Buat Konsep Usaha

Hal utama untuk merintis bisnis ini adalah membuat sebuah konsep usaha yang jelas terlebih dahulu. Misalnya, hanya menyediakan jasa pengetikan saja, pengetikan dan penerjemah, jasa membuat konten media sosial, dan sebagainya.

Lokasi Usaha

Walau bisnis jasa pengetikan bisa dilakukan dimana saja, bahkan di rumah sekalipun, Anda tetap membutuhkan lokasi usaha yang strategi. Seperti, area kampus, sekolah, atau perkantoran. Dengan pemilihan lokasi usaha jasa pengetikan yang tepat, maka peluang untuk mendapatkan banyak konsumen pun akan semakin terbuka.

Siapkan Modal

Pekerjaan dibidang jasa pengetikan sebenarnya tidak membutuhkan banyak modal untuk usaha. Selain keahlian mengetik cepat yang mumpuni dan kemampuan edit yang baik. Anda juga membutuhkan perangkat seperti mesin ketik, komputer atau laptop, printer, dan smartphone.

Selain itu, Anda juga akan membutuhkan kuota internet dengan jaringan yang stabil. Sebab kebutuhan akan jasa yang satu ini bisa terjadi kapan saja, entah itu pagi hari, siang, sore, atau malam hari sekalipun. Untuk itu, Anda harus memiliki persiapan yang cukup agar bisnis yang Anda geluti bisa mendulang sukses.

Lakukan Promosi

Agar bisa bertahan dan dikenal oleh masyarakat luas, Anda tentu harus giat melakukan promosi. Misalnya, dengan menyebarkan pamflet atau selebaran yang dibagikan di area kampus, perkantoran,dan sekolah.

Sedangkan untuk promosi secara online, Anda bisa memanfaatkan aplikasi WhatsApp, Facebook, Twitter, Instagram, Line, Blog, atau marketplace. Agar calon pelanggan lebih tertarik, buatlah satu atau beberapa penawaran bonus. Contohnya, jika setiap mengetik 10 lembar bonus 2 lembar dan berlaku kelipatan.

Buat Perincian Biaya

Agar bisnis jasa pengetikan tidak mengalami kerugian, maka penting bagi Anda untuk memiliki gambaran tentang rincian biaya yang dikeluarkan. Misalnya, biaya jasa pengetikan, jasa terjemahan, jasa cetak hasil ketikan, dan ide membuat konten.

Untuk perhitungannya, Anda bisa mengaturnya dalam hitungan biaya per lembar, per artikel, per kata, per tesis, per skripsi, dan sebagainya. Semua itu harus dibuat dengan jelas agar pelanggan mengetahui rincian dari usaha jasa pengetikan Anda.

Baca juga : Apa Itu Bisnis Dropship dan Kiat Merintis dengan Modal Minim

Minimalisir Kesalahan Ketik

Sebagai seorang penyedia jasa pengetikan yang mumpuni, kualitas hasil pengetikan harus dijaga dengan baik. Untuk itu, hindari melakukan kesalahan pengetikan seminim mungkin. Caranya adalah dengan membaca ulang dan lakukan pengeditan yang diperlukan. Atau, Anda bisa memanfaatkan fungsi autocorrect yang dimiliki microsoft office agar hasilnya memuaskan pelanggan.

Bagi Anda yang memiliki keahlian mengetik dengan menggunakan 10 jari bisa memanfaatkan peluang dengan merintis bisnis jasa pengetikan. Dengan persiapan yang matang dan terperinci, maka usaha yang Anda jalankan akan meraih sukses dengan keuntungan yang lumayan menjanjikan.