Ingin Uang Jajan Tambahan? Inilah Sejumlah Ide dan Tips Bisnis untuk Mahasiswa

Diposting pada
bisnis untuk mahasiswa
bisnis untuk mahasiswa

Ingin Uang Jajan Tambahan? Inilah Sejumlah Ide dan Tips Bisnis untuk Mahasiswa – Menjadi mahasiswa adalah masa-masa yang penuh tantangan. Di dalam masa ini, mahasiswa sudah dituntut untuk kreatif belajar, jika perlu sambil bekerja untuk menambah uang jajan.

Tak dipungkiri, tugas-tugas para mahasiswa memang membutuhkan uang. Sementara, untuk terus meminta orang tua juga akan menambah beban. Nah, jangan bingung lagi. Berikut beberapa ide bisnis bagi para mahasiswa yang ingin belajar mandiri dari segi finansial. Simak ulasan lengkapnya!

Bisnis Pulsa Online

Tak perlu jauh-jauh memikirkan bisnis kelas berat. Sebaliknya, bisnis untuk mahasiswa bisa dimulai dengan menjual sesuatu yang selalu dibutuhkan, tapi praktis. Tentu mahasiswa tidak punya banyak waktu untuk membuat jajan-jajan setiap hari untuk dijual, misalnya.

Jadi, pilihlah produk praktis tapi penting dan selalu dicari. Pulsa adalah salah satu jawabannya. Memulai bisnis yang satu ini juga tidak memerlukan modal yang begitu besar. Dimulai dari nominal 200ribuan saja bisnis ini bisa berjalan. Segera tawarkan pada teman-teman satu kost, maka dengan keuletan bisnis ini bisa menambah uang jajan.

Promosikan Keahlian di Internet

Era digital 4.0 membuka gerbang bagi siapa saja untuk bisa bekerja secara online. Ini juga merupakan ide bisnis untuk mahasiswa yang wajib dicoba. Tentunya, saat ini banyak mahasiswa yang memiliki keahlian tertentu. Misalnya menulis, desain web, menerjemahkan bahasa asing, dan sebagainya.

Nah, keahlian ini bisa jadi kunci bisnis online mahasiswa. Sekarang ada banyak sekali platform freelance yang menampung banyak keahlian untuk dicarikan klien. Bergabunglah di sana sesuai keahlian. Biasanya, upah yang didapat dari bekerja freelance seperti ini bisa dikatakan lumayan.

Buka Les Privat

Bisnis untuk mahasiswa yang satu ini juga dapat dicoba, apalagi untuk mahasiswa jurusan keguruan. Selain sebagai media untuk berlatih saat bekerja nanti, membuka jasa les juga bisa mendatangkan uang yang lumayan.

Les privat ini bisa dibuka di rumah, atau justru mahasiswanya yang mendatangi rumah masing-masing peserta les. Hal tersebut juga secara tidak langsung akan menambah koneksi yang sewaktu-waktu dibutuhkan.

Buka Jasa MUA

Make-up menjadi salah satu tren yang terus menanjak sekarang. Ini juga bisa digunakan sebagai ide bisnis untuk mahasiswa. Jika memiliki kemampuan merias, jangan ragu untuk membuka jasa MUA. Jangan salah, bisnis tersebut sekarang banyak dicari. Gunakan media sosial untuk mempromosikan jasa MUA ini. Baik untuk teman-teman mahasiswa yang akan wisuda atau untuk acara apa saja, uang yang dihasilkan dari jasa ini sangat lumayan.

Baca juga : 10 Biaya Tersembunyi dalam Memulai Bisnis

Tips Menjalankan Bisnis Bagi Mahasiswa

Tentunya, sebagai mahasiswa tidak boleh asal-asalan menjalankan bisnis. Biar bagaimana pun, waktu kuliah tidak boleh terganggu dengan bisnis. Begini tips supaya keduanya bisa berjalan bersamaan!

– Pilih Bisnis yang Tidak Menyita Waktu

Bisnis untuk mahasiswa yang sudah diterangkan di atas sudah masuk kriteria ini. Memilih jenis bisnis yang bisa dilakukan sembari kuliah adalah hal paling penting supaya waktu kuliah tidak terganggu. Maka dari itu, jangan pilih bisnis yang banyak menyita waktu, melainkan pilihlah ide bisnis sampingan atau freelance. Biar bagaimana pun, lulus kuliah tepat waktu adalah prioritas.

– Sejalan dengan Hobi

Kegiatan kuliah sudah cukup menguras pikiran. Jangan sampai, bisnis yang dipilih juga semakin membuat pusing. Pilihlah bisnis yang menyenangkan sesuai hobi agar tidak dirasa sebagai beban.

Itulah beberapa ide dan tips bisnis untuk mahasiswa yang bisa dicoba. Bisnis apa pun jika dilakukan dengan ulet dan tekun pasti akan menunjukkan hasil. Jadi, selamat berbisnis!