Jenis Bisnis Digital Ini Cocok untuk Generasi Milenial

jenis bisnis digital
jenis bisnis digital

Jenis Bisnis Digital Ini Cocok untuk Generasi Milenial – Kehidupan manusia tidak pernah bisa terlepas dari perkembangan teknologi. Perkembangan teknologi yang semakin canggih memberikan banyak keuntungan, termasuk pemanfaatannya yang bisa mempermudah urusan sehari-hari. Saat ini, hampir semua urusan mengandalkan teknologi. Salah satu contoh sederhananya adalah penggunaan gadget yang fungsinya tidak terbatas lagi.

Selain memberikan manfaat bagi keseharian, teknologi di era ini juga membuka peluang pekerjaan baru. Banyak ide bisnis bermunculan dan berkaitan dengan teknologi. Tidak main-main, peluang penghasilan dari bisnis di era digital ini juga cukup menjanjikan. Beberapa di antaranya dikatakan sebagai profesi dengan penghasilan selangit. Simak apa saja jenis ide di era digital yang cocok unutk generasi milenial berikut ini.

Affiliate Marketing

Mendengar istilah bisnis digital, pasti sebagian orang sudah terbayang kesulitannya terutama yang berhubungan dengan penggunaan alat canggih. Nyatanya tidak semua jenis bisnis digital membutuhkan kemampuan menggunakan alat tertentu. Ada peluang bisnis digital yang bisa dijalankan dengan alat pendukung yang sederhana seperti ponsel yang tersambung internet. Salah satunya adalah profesi affiliate marketing.

Affiliate marketing dijalankan dengan mempromosikan produk orang atau perusahaan lain. Dari setiap penjualan yang terjadi, pelaku affiliate marketing akan mendapatkan komisi dengan besaran yang telah ditentukan. Semakin banyak penjualan, maka semakin besar pula komisi yang didapatkan. Biasanya produk yang dipromosikan juga termasuk produk digital, seperti video pelatihan atau tutorial tertentu.

Website Development

Saat ini, website atau situs menjadi kebutuhan penting di banyak bidang. Selain menyediakan informasi tertentu, website juga banyak dimanfaatkan untuk berjualan. Tak heran jika website dibutuhkan tidak hanya bagi lembaga tertentu tetapi juga bagi perusahaan. Sayangnya tidak semua perusahaan atau lembaga bisa membuat website sendiri dan mengembangkannya. Kehadiran jasa website development menjadi solusi tepat atas masalah tersebut.

Jasa ini biasanya menawarkan pembuatan website dengan sistem kustomisasi. Jadi klien bisa mendapatkan website yang sesuai dengan kebutuhannya. Selain jasa pembuatan, para pelaku bisnis di bidang ini juga menawarkan layanan optimasi website. Untuk menjalankan jenis bisnis digital ini, dibutuhkan kemampuan khusus yang berhubungan dengan website. Ini termasuk pekerjaan yang sulit sehingga wajar apabila bayarannya pun mahal.

Social Media Specialist

Media sosial selama ini dikenal sebagai sarana untuk bersosialiasi dengan pengguna lain. Sosialisasi yang dilakukan bisa menjangkau jarak yang sangat jauh berkat kecanggihan teknologi yang dikembangkan. Seiring berjalannya waktu, fungsi media sosial pun semakin meluas. Tidak hanya untuk saling terhubung dengan pengguna lain, media sosial juga kerap dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis.

Menggunakan media sosial sebagai sarana sosialisasi dan untuk kepentingan bisnis adalah dua hal yang berbeda. Terutama untuk tujuan berbisnis, penggunaan media sosial harus disertai dengan strategi khusus. Tidak semua orang menguasai dan bisa menerapkan strategi itu dengan mudah. Karena itu, muncullah jasa social media specialist dengan banyak layanan yang ditawarkan. Jasa ini termasuk jenis bisnis digital yang tinggi peminat di era modern ini.

Baca juga : Tips Memulai Bisnis Penerbitan Buku Indie

Analyst

Selain ketiga bisnis di atas, orang-orang di era digital ini juga sangat membutuhkan jasa analis. Jasa ini pun tidak terbatas pada bidang tertentu. Jasa analis bisa melayani untuk kepentingan bisnis hingga keuangan. Jenis usaha ini cocok dijalankan kaum milenial dengan kemampuan khusus.

Banyaknya jenis bisnis digital menjadi bukti bahwa era ini sudah sangat maju. Sebagian besar jenis bisnis ini muncul dari model bisnis gaya lama. Tidak menutup kemungkinan akan muncul jenis-jenis bisnis serupa lain di masa depan.