Tertarik Berbisnis Online? Ketahui Dulu Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online

kelebihan dan kekurangan bisnis online
kelebihan dan kekurangan bisnis online

Tertarik berbisnis online? Ketahui dulu kelebihan dan kekurangan bisnis online. Dewasa ini, bisnis secara online masih menjadi trend yang sangat menggiurkan. Karena itu, tidak sedikit orang yang mulai berbondong-bondong untuk terjun ke dalamnya.

Apakah Anda juga tertarik? Jika iya, maka sebelum memulai, alangkah baiknya jika Anda mencari tahu dulu apa saja kelebihan serta kelemahan dalam sebuah bisnis online. Nah, simak ulasan di bawah untuk lebih jelasnya!

Kelebihan Berbisnis Online

Tidak dipungkiri, di antara kelebihan dan kekurangan bisnis online, hal pertama yang mendorong Anda tentu adalah kelebihannya. Kira-kira apa saja?

– Tidak Perlu Modal Besar

Banyak orang yang ingin memulai bisnis tapi terkendala pada modal. Bayangkan saja jika harus menyewa atau membeli toko. Belum lagi modal untuk membeli produk yang akan dijual. Jika ini juga menjadi kendala Anda, maka berbisnis online memang pilihan tepat.

Dengan bisnis online, Anda bisa memiliki toko virtual yang hanya perlu modal internet untuk membuatnya. Selain itu, Anda juga bisa melirik usaha dropshipper sehingga tidak perlu modal banyak untuk beli barang.

– Jangkauan Lebih Luas

Seandainya Anda membuka toko pakaian di daerah tempat tinggal, tentu yang akan mengenali toko pakaian tersebut cuma orang-orang sekitar. Berbeda jika Anda membuka toko pakaian secara online di marketplace misalnya. Maka, target market satu Indonesia bahkan sampai luar negeri, bisa Anda kuasai.

– Untung Lebih Banyak

Para pebisnis online yang telah sukses tidak menampik bahwa keuntungan yang didapat dari sana memang lebih banyak dibanding berbisnis secara konvensional. Hal itu disebabkan karena kini orang-orang lebih tertarik untuk berbelanja via online, sehingga orderan closing terus menerus. Namun, untuk mencapai hal itu Anda tentu harus tahu ilmunya lebih dulu.

Kekurangan Bisnis Online

Kelebihan dan kekurangan bisnis online memang selalu tarik ulur. Selain beragam kelebihannya, berbagai kekurangan berbisnis via online di bawah ini bisa dijadikan pertimbangan.

– Kompetitor Tidak Main-main

Saking trennya bisnis online, maka semua orang ingin bisa meraup untung di dalamnya. Inilah yang membuat kompetitor dalam bisnis online sangat banyak. Dalam satu produk saja, Anda bisa menemukan ribuan penjual yang sama.

Variasi harganya pun bisa jauh lebih murah dibanding harga jual Anda. Jika Anda termasuk pemain pemula, belajarlah ilmu bisnis online sungguh-sungguh untuk menghadapi kompetitor ini.

– Tidak Semudah Kelihatannya

Nyatanya, menjajal bisnis online tidaklah semudah kelihatannya. Anda tidak bisa menjalankan bisnis ini hanya dengan membuka toko online dan mengupload produk. Masih banyak lagi serentetan langkah yang diperlukan untuk menarik calon pembeli. Seperti beriklan, juga mempelajari algoritma platform marketplace tempat toko Anda berada.

Karena jualan Anda bergantung pada foto produk, maka hal inilah yang menjadi kunci apakah pembeli akan percaya atau tidak. Beda dengan bisnis konvensional yang mana pembeli bisa langsung melihat barang.

Baca juga : Ketahui Berbagai Bisnis Menjanjikan Modal Kecil yang Menguntungkan

– Kendala Lainnya

Banyak juga kendala lain yang menjadi sebuah kekurangan dalam berbisnis online. Misalnya saja kendala dalam ekspedisi. Jika Anda seorang dropshipper, mendapat suplier yang ‘nakal’ juga jadi kendala tersendiri. Selain itu, aspek lain seperti ulasan pembeli, rating toko, juga menentukan ke mana arah bisnis online Anda.

Intinya, berbisnis online memang memberi peluang bagi siapa saja untuk meraih untung besar. Namun, jika tidak punya ilmu tentang bisnis ini, maka bisa jadi Anda justru akan mengalami berbagai masalah dan kerugian. Karena itu, sebelum memutuskan untuk menggeluti bisnis online, bekali dulu diri Anda dengan ilmu dan tekad yang kuat.

Nah, itulah ulasan tentang kelebihan dan kekurangan bisnis online. Semoga bermanfaat!