Memulai Bisnis Properti Kos-Kosan Modal Minim

bisnis properti kos-kosan
bisnis properti kos-kosan

Memulai Bisnis Properti Kos-Kosan Modal Minim. Padatnya aktivitas yang dilakukan kaum muda seperti kuliah bahkan terkadang disertai dengan bekerja membuat mereka harus cepat berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Terlebih bagi orang dengan akses transportasi sulit atau tidak bisa berkendara sendiri pasti menjadi penghalang besar dalam keseharian. Sebab itulah sering dijumpai banyak bangunan yang bisa disewakan dalam beberapa waktu guna persinggahan sementara.

Apalagi di daerah ramai seperti kampus, perkantoran dan lainnya akan ada bangunan dengan banyak bilik yang dapat ditinggali perorangan, biasanya disebut kos. Berbeda pada kontrakan sebab biasanya berupa rumah berfasilitas lengkap seperti dapur dan kamar mandi pribadi. Indekos terkadang hanya berupa petakan berisi kasur dan perlengkapan sederhana, tetapi ada juga fasilitas mewah bertarif mahal.

Peluang bisnis properti kos-kosan dengan modal kecil

Dengan padatnya kegiatan anak muda sekarang, menjadi sebuah peluang memulai bisnis tempat tinggal sementara atau bisnis properti kos-kosan. Tetapi tentu saja jika Anda hendak membuka penyewaan berfasilitas mewah dan lengkap harus merogoh kocek dalam-dalam saat pembangunan. Memang tak salah akan tetapi terdapat alternatif lain dalam bidang ini yang bisa dicoba meskipun dana pribadi berjumlah kecil.

Mencoba sebagai agen marketing penyewaan

Jika Anda tidak memiliki uang guna membuat kamar sewa namun mempunyai keinginan kuat memulai bisnis ini, tak ada salahnya mencoba menawarkan bangunan orang lain. Atau bisa disebut sebagai agen pemasaran kos-kosan. Dengan begitu, sebagai marketing juga mendapat bagian sendiri dan pastinya menerima sejumlah uang dari pihak penyewa.

Anda bisa melakukan sistem bagi hasil pada pemilik atau menaikkan sedikit dari harga asli, dengan cara tersebut bertindaklah seperti pebisnis bisnis properti kos-kosan dan mulai memasarkan secara menarik dan terdapat beberapa opsi penyewaan. Langkah ini tentunya tidak memerlukan modal sedikitpun tapi harus memiliki relasi luas.

Baca juga : Beberapa Bisnis Properti Untuk Mahasiswa Tanpa Ganggu Kuliah

Bagimana Memulai Bisnis Propeti Kos – Kosan?

Menawarkan diri sebagai pengelola.

Perlu diketahui tak semua pemilik indekos atau bangunannya mempunyai waktu guna mengurus sarana juga prasarana di dalamnya. Hal inilah bisa menjadi peluang bagi Anda yang ada waktu luang banyak namun tidak terdapat modal banyak. Apalagi kala mengelola indekos tersebut terdapat celah lain guna memperoleh uang.

Selain dengan bisnis properti kos-kosan bisa juga membuka warung kecil-kecilan untuk memenuhi kebutuhan para tamu di dalamnya. Sebab tak jarang mereka tidak memiliki waktu banyak bepergian dan membeli perlengkapan. Kalau Anda membuka bisnis tersebut maka penghasilannya pun didapat berlipat ganda.

Menjadikan kamar tak terpakai untuk disewakan

Ada lagi cara untuk memulai bisnis ini tanpa modal banyak yaitu dengan menggunakan kamar tak terpakai di rumah untuk disewakan kepada pihak lain. Seperti yang diketahui bahwa indekos tidak harus terdapat fasilitas lengkap. Cukup sebuah ruangan dengan kasur serta lemari layak sudah mampu menarik minat orang selama harga ditawarkan wajar.

Terlebih di dalam rumah pasti ada sarana serta prasarana seperti dapur dan juga kamar mandi yang bisa dipakai bersama. Asalkan kebersihannya terjaga pasti membuat siapa pun betah tinggal dan mau membayarnya. Dengan cara ini, tidak perlu lagi mengeluarkan uang guna memulai bisnis properti kos-kosan, cukup rapikan kamar atau ruangan tersebut dan coba menawarkan kepada orang-orang.

Terdapat banyak cara untuk memulai bisnis properti kos-kosan meskipun tidak memiliki modal besar. Sebab dengan memanfaatkan peluang dan bangunan di sekitar kita walaupun punya orang lain bisa dijadikan ladang bisnis. Tak ada salahnya untuk memulai sedini mungkin karena siapa tahu ke depannya akan sungguhan memiliki indekos sendiri.