Mengapa Bisnis Franchise Sangat Diminati? Ini Jawabannya

bisnis franchise
bisnis franchise

Mengapa Bisnis Franchise Sangat Diminati? Ini Jawabannya – Perkembangan zaman selalu disertai dengan perubahan di semua bidang kehidupan. Termasuk perubahan di bidang bisnis dan ekonomi yang ditandai dengan kemunculan banyak model bisnis baru. Dari sekian banyak model bisnis kekinian, bisnis waralaba atau franchise termasuk yang sedang tren. Tidak hanya di daerah perkotaan, bisnis ini juga sudah menjangkau area pedesaan dan perkampungan.

Ada banyak hal menarik di balik tren bisnis waralaba. Produk yang ditawarkan sangat beragam mulai dari makanan, minuman hingga jasa. Peluang kesuksesannya juga tidak hanya dimiliki pemilik franchise tetapi juga para mitranya. Maraknya bisnis ini kemudian memunculkan rasa penasaran tentang apa hal menarik dari bisnis ini hingga menjadikannya sangat diminati. Ternyata inilah beberapa alasan yang membuat bisnis waralaba menjadi tren baru.

Cocok untuk Pemula

Banyak orang enggan memulai bisnis karena berbagai alasan. Sulitnya memulai bisnsi dan takut akan berbagai risiko menjadi alasan yang paling banyak dikemukakan. Alasan tersebut terjawab dengan munculnya model bisnis franchise ini. Bisnis ini termasuk usaha yang minim risiko karena untuk memulainya tidak membutuhkan usaha ekstra. Produk yang ditawarkan biasanya sudah memiliki nama yang cukup populer dan dikenal banyak orang.

Dengan nama merk yang sudah populer, memulai bisnis ini jadi tidak terlalu sulit. Orang akan lebih mudah tertarik dibanding produk sejenis yang termasuk merk baru. Karena itulah, bisnis ini dikatakan sangat cocok bagi pemula. Tanpa harus memikirkan banyak strategi memulai bisnis, pemula bisa langsung menjalankan bisnis ini. Jadi tidak ada ketakutan atau keraguan untuk memulai bisnis waralaba dari merk yang sudah terkenal.

Fleksibel dalam Menjalankan

Selain cocok bagi pemula, bisnis franchise bahkan juga cocok sebagai usaha sampingan. Bisnis ini sangat fleksibel untuk dijalankan oleh orang yang berprofesi sebagai karyawan sekalipun. Misalnya, semua merk minuman kekinian dengan sistem franchise bisa dijalankan karyawan di luar tugas utamanya di kantor. Contoh lain adalah bisnis waralaba di bidang jasa yang juga bisa dijalankan dengan memperkerjakan karyawan.

Bisnis waralaba atau franchise dikatakan cocok sebagai usaha sampingan. Apalagi jika dijalankan dengan fokus, bisnis ini bisa menjanjikan keuntungan yang besar. Bahkan dengan manajemen modal yang sistematis, bukan tidak mungkin mitra frenchise memiliki lebih dari satu cabang usaha. Melihat dari peluang yang dijanjikan, model bisnis ini sangat cocok dengan kebutuhan generasi muda saat ini.

Bacajuga : Kiat Jadi Penyedia Jasa Admin Media Sosial yang Profesional

Tidak Bingung Mencari Bahan

Terutama untuk usaha di bidang kuliner, pelaku bisnis sering dipusingkan dengan ketersediaan bahan baku. Kadang bahan baku yang tersedia bersifat terbatas atau bahkan tidak tersedia sama sekali. Sedangkan dalam usaha waralaba ini, urusan penyediaan bahan baku menjadi tugas pengurus bisnis pusat. Jadi mitra tinggal menjalankan bisnis ini dengan pasokan bahan yang pasti ada dan selalu tersedia.

Tidak Perlu Bingung Promosi

Tidak hanya urusan persediaan bahan baku dan manajemen, mitra bisnis waralaba juga sangat diuntungkan soal promosi. Aktivitas promosi akan didukung oleh pihak pemilik franchise dengan berbagai sarana yang disediakan. Pihak pemilik franchise juga akan selalu mempromosikan mitra-mitranya. Meski begitu, mitra franchise tetap perlu mengadakan kegiatan promosi sendiri melalui media apa saja.

Menjadi salah satu peluang bisnis kekinian, bisnis franchise ini menjanjikan peluang yang menguntungkan. Banyak penawaran menarik yang akan diterima mitra. Bahkan pengembangan usaha pun juga telah diatur sedemikian rupa sehingga mitra hanya perlu mengikuti aturan dari manajemen. Dengan kata lain, bisnis ini menjanjikan kepastian soal untung dan pengembangan.