blog stats Mengapa harga bitcoin dan mata uang kripto lainnya turun? – Myhomeku.com

Mengapa harga bitcoin dan mata uang kripto lainnya turun?

Meskipun harga bitcoin Turun  minggu lalu, mata uang digital masih jauh dari level tertinggi 13 April sekitar $ 65.000. Dalam perdagangan awal pada hari Senin, Bitcoin naik $ 38.477, naik 12% dari hari sebelumnya, menurut Coindesk.com.

Volatilitas ekstrim yang menandai kebangkitan Bitcoin dalam beberapa tahun terakhir cukup terbukti ketika harganya turun sebanyak 29% awal bulan ini setelah regulator keuangan di China melarang bank lokal dan lembaga keuangan lainnya untuk mendukung bitcoin. Ini termasuk memproses pembayaran, memungkinkan pelanggan menyimpan bitcoin di akun mereka dan mengubah bitcoin menjadi yuan atau mata uang lainnya.

Perusahaan keuangan di Wall Street dan Main Street telah menggunakan Bitcoin. Sekarang runtuh.

Ketidakstabilan dalam Bitcoin dan mata uang kripto lainnya, yang telah diatasi baru-baru ini, menimbulkan pertanyaan tentang risiko mereka sebagai investasi dan kelangsungan hidup sebagai aset keuangan. Inilah yang harus Anda ketahui.

Apa yang terjadi dengan harganya?

Sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada 18 Mei di situs web Asosiasi Perbankan China menyatakan bahwa lembaga keuangan harus “dengan tegas menahan diri” dari menyediakan layanan menggunakan mata uang digital karena volatilitasnya.

Hampir setiap cryptocurrency jatuh setelah pernyataan grup industri. Bitcoin merosot ke $ 30.202 sebelum pulih ke $ 38.038, turun 12% pada hari itu, menurut Coindesk. Sebagian besar cryptocurrency kehilangan antara 7% dan 22% dari nilainya dan saham Coinbase turun 5,4%.

China bukan satu-satunya negara yang melarang cryptocurrency. Banyak bank di Timur Tengah juga dilarang memperdagangkan bitcoin, sementara regulator AS tampaknya cenderung memantau cryptocurrency dengan lebih aktif. Pada hari Kamis, Departemen Keuangan mengatakan akan mewajibkan perusahaan untuk melaporkan pembayaran Bitcoin apa pun yang melebihi $ 10.000, mengutip upaya untuk menindak penggelapan pajak.

Nilai Bitcoin dapat berubah dalam ribuan dolar dalam waktu singkat. Pada hari perdagangan terakhir tahun 2020, Bitcoin ditutup di bawah $ 30.000. Pada pertengahan April, dia menggoda $ 65.000. Setelah itu, harga rebound, dengan beberapa fluktuasi yang terlihat, sebelum mengambil giliran negatif minggu lalu.

Bagaimana cara kerja Bitcoin

Bitcoin adalah mata uang digital yang tidak terkait dengan bank atau pemerintah dan memungkinkan pengguna membelanjakan uang secara anonim. Mata uang dibuat oleh pengguna yang “menambang” mereka dengan meminjamkan daya komputasi untuk memeriksa transaksi pengguna lain. Mereka menerima bitcoin sebagai imbalan. Koin juga dapat dibeli dan dijual di bursa dalam dolar AS dan mata uang lainnya. Beberapa perusahaan mengambil bitcoin sebagai metode pembayaran, dan sejumlah lembaga keuangan membuatnya tersedia di portofolio klien mereka, tetapi penerimaan umum tetap terbatas.

Bitcoin pada dasarnya adalah baris kode komputer yang ditandatangani secara digital setiap kali mereka berpindah dari satu pemilik ke pemilik lainnya. Transaksi dapat dilakukan secara anonim, membuat mata uang populer di kalangan liberal serta penggemar teknologi, spekulan, dan penjahat. harga bitcoin Turun

Bitcoin harus disimpan di dompet digital, baik online melalui pertukaran seperti Coinbase, atau offline di hard drive menggunakan perangkat lunak khusus. Menurut Coinbase, ada sekitar 18,7 juta Bitcoin yang beredar dan hanya 21 juta yang akan pernah ada. Alasan untuk ini tidak jelas, dan di mana semua bitcoin berada, siapa pun dapat menebaknya.

Bukankah Musk berperan di sini?

Ya, dan agak besar. Musk mengumumkan pada bulan Februari bahwa perusahaan kendaraan listriknya, Tesla, telah menginvestasikan $ 1,5 miliar dalam bentuk bitcoin. Pada bulan Maret, Tesla mulai menerima Bitcoin sebagai metode pembayaran. Tindakan ini berkontribusi pada kenaikan harga Bitcoin, dan Musk mempromosikan mata uang digital, Dogecoin, yang nilainya juga meningkat.

Namun, Musk berbalik arah dalam waktu singkat, mengatakan minggu lalu bahwa Tesla akan berhenti menerima bitcoin karena potensi kerusakan lingkungan yang dapat diakibatkan dari penambangan Bitcoin. Pengumuman tersebut mengirim Bitcoin turun di bawah $ 50.000 dan mengatur nada untuk penurunan besar-besaran di sebagian besar cryptocurrency.

Sejumlah penggemar bitcoin telah menolak logika Musk. Rekan miliarder Mark Cuban mengatakan penambangan emas merusak lingkungan lebih dari penambangan Bitcoin.

Sebuah studi tahun 2019 oleh Technical University of Munich dan Massachusetts Institute of Technology menemukan bahwa jaringan Bitcoin menghasilkan jumlah karbon dioksida yang sama dengan kota besar di barat atau seluruh negara berkembang seperti Sri Lanka. Tetapi sebuah studi Universitas Cambridge tahun lalu memperkirakan bahwa rata-rata 39% dari penambangan terenkripsi “bukti kerja” ditenagai oleh energi terbarukan, terutama tenaga air.

Tetapi beberapa perusahaan menggunakan Bitcoin?

Perusahaan pembayaran digital Square dan CEO-nya Jack Dorsey – juga CEO Twitter – telah menjadi pendukung setia Bitcoin. Overstock.com juga menerima bitcoin, dan pada bulan Februari, BNY Mellon, bank tertua di Amerika Serikat, mengatakan akan memasukkan cryptocurrency dalam layanannya kepada pelanggan. Mastercard mengatakan akan mulai mendukung “cryptocurrency tertentu” di jaringannya.

Bitcoin telah menjadi cukup populer sehingga lebih dari 300.000 transaksi biasanya terjadi setiap hari, menurut situs web blockchain.info dompet Bitcoin. Namun, popularitasnya rendah dibandingkan dengan uang tunai dan kartu kredit.

Apakah ada keraguan tentang Bitcoin?

Ya, banyak sekali. Jelas, melacak harga Bitcoin lebih mudah daripada mencoba mencari tahu nilainya, itulah sebabnya banyak institusi, ahli, dan pedagang skeptis tentangnya dan cryptocurrency secara umum. Cryptocurrency pernah dilihat sebagai alternatif uang fiat, tetapi ini belum terjadi.

Ketua Federal Reserve Jerome Powell mengatakan bahwa bank sentral lebih suka menyebut cryptocurrency sebagai “cryptocurrency” karena volatilitas mereka merusak kemampuan mereka untuk menyimpan nilai, fungsi fundamental dari mata uang.

Sementara beberapa bank dan perusahaan jasa keuangan ikut serta, yang lain pergi begitu saja.

Bisakah menjual mata uang digital menyebabkan kerusakan ekonomi yang lebih luas?

Regulator tidak terlalu khawatir tentang potensi jatuhnya mata uang digital yang akan menyebabkan harga bitcoin Turun dalam sistem keuangan atau ekonomi.

Bahkan dengan aksi jual baru-baru ini, kapitalisasi pasar cryptocurrency sekitar $ 1,5 triliun, menurut coinmarketcap.com. Tapi itu artinya jika dibandingkan dengan pasar saham $ 46,9 triliun, pasar real estat perumahan $ 41,3 triliun, dan pasar perbendaharaan yang mendekati $ 21 triliun pada awal tahun.

Bank Sentral Eropa mengatakan pada hari Rabu bahwa risiko cryptocurrency yang mempengaruhi stabilitas sistem keuangan tampaknya “terbatas untuk saat ini”. Sebagian besar, ini karena masih belum banyak digunakan untuk pembayaran, dan organisasi di dalam yurisdiksinya masih memiliki sedikit eksposur ke alat terkait cryptocurrency.

Awal bulan ini, Federal Reserve mengatakan bahwa survei kontak pasar menemukan bahwa hampir satu dari lima cryptocurrency mewakili potensi guncangan pada sistem selama 12 hingga 18 bulan ke depan. Sesuatu yang menyebutkan cryptocurrency.

Berapa banyak pengawasan yang ada?

Pejabat Washington telah berbicara tentang regulasi mata uang digital lebih lanjut, dan kekhawatiran tentang tangan yang lebih berat telah memainkan peran dalam penurunan harga baru-baru ini.

Gary Gensler, yang mengambil alih sebagai ketua Komisi Sekuritas dan Bursa bulan lalu, mengatakan pasar mata uang kripto akan mendapat keuntungan dari lebih banyak pengawasan untuk melindungi investor.

Pada sidang di depan Komite Jasa Keuangan DPR awal bulan ini, Gensler mengatakan bahwa baik Komisi Sekuritas dan Bursa maupun Komite Perdagangan Berjangka Komoditas, yang dulu ia pimpin, memiliki “kerangka peraturan” untuk perdagangan di bursa mata uang kripto. Dia mengatakan dia pikir Kongres pada akhirnya harus berurusan dengannya karena dia “ada di sana

benar-benar bukan perlindungan terhadap penipuan atau manipulasi. “

Bagaimana bitcoin muncul

Itu adalah misteri. Bitcoin diluncurkan pada tahun 2009 oleh seseorang atau sekelompok orang yang beroperasi dengan nama Satoshi Nakamoto. Bitcoin kemudian diadopsi oleh segelintir penggemar. Nakamoto turun dari peta saat bitcoin mulai menarik perhatian luas. Tetapi para pendukung mengatakan itu tidak masalah: Mata uang mematuhi logika internalnya sendiri.

Pada tahun 2016, seorang pengusaha Australia melangkah maju dan mengklaim sebagai pendiri bitcoin, hanya untuk mengatakan beberapa hari kemudian bahwa dia tidak “memiliki keberanian” untuk mempublikasikan bukti bahwa dia memang benar. Tidak ada yang mengklaim kredit untuk mata uang tersebut sejak saat itu.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *