blog stats Mengenal Lebih Dalam Analisis Data – Myhomeku.com

Mengenal Lebih Dalam Analisis Data

Mengenal Lebih Dalam Analisis Data

Kebanyakan orang pasti pernah mendengar istilah analisis data. Orang-orang yang sering mendengar analisis data adalah para pelajar, mahasiswa, pebisnis, pegawai pemerintah, dan lain sebagainya.

Pengertian :

Pengertian analisis data adalah suatu metode yang digunakan oleh seseorang untuk mengolah data yang didapatkan menjadi sebuah informasi yang mudah dipahami. Informasi ini nantinya akan dimanfaatkan untuk memecahkan masalah-masalah yang ditemukan selama penyelidikan atau penelitian. Selain untuk pemecahan masalah, analisis data juga bisa untuk menarik kesimpulan.

Tujuan :

Tujuan melakukan analisis data adalah untuk mengubah data menjadi informasi yang mudah dipahami oleh orang lain. Setelah itu, hasil analisis data juga dimanfaatkan untuk mengambil kesimpulan yang mewakili populasi. Dalam sebuah penelitian, pengambilan kesimpulan sementara disebut dengan hipotesis. Hipotesis ini nantinya akan melalui sebuah pengujian.

Setelah memahami pengertian analisis data dan tujuannya, selanjutnya kamu harus tahu mengenai langkah-langkah dalam melakukan analisis data. Dengan memahami langkah-langkah dari analisis data, kamu akan memahami analisis data lebih mendalam.

Langkah-Langkah :

Berikut ini adalah langkah-langkah dari analisis data :

    1. Mengumpulkan Data

Yang pertama mengumpulkan data. Disaat kamu sedang melakukan penelitian atau penyelidikan tentunya kamu harus mengumpulkan data terlebih dahulu. Pengumpulan data bisa dilakukan dengan berbagai metode dan peneliti diberikan kebebasan sepenuhnya dalam pengambilan data. Data yang diperoleh nantinya akan dianalisis untuk mendapatkan jawaban atas masalah-masalah yang ada.

    1. Pemeriksaan Data

Yang kedua adalah pemeriksaan data. Setelah kamu mengumpulkan data, tentunya kamu harus memeriksa terlebih dahulu data yang kamu dapatkan. Pemeriksaan data berfungsi untuk memastikan bahwa data yang didapatkan sesuai dengan yang kamu inginkan untuk penelitian. Selain itu, pemeriksaan data juga akan membantu kamu mengetahui data yang cacat.

    1. Identifikasi dan Klasifikasi Data

Yang ketiga adalah melakukan identifikasi dan klasifikasi data. Dari pengertian analisis data, kamu seharusnya tahu bahwa tahap awal pengolahan data adalah mengidentifikasi data dan mengklasifikasikan data berdasarkan kelompoknya. Dengan melakukan ini nantinya kamu akan mendapatkan data yang siap untuk dimasukkan ke dalam tabel.

    1. Mencatat Data

Yang keempat adalah mencatat data yang sudah selesai diklasifikasikan. Kamu bisa langsung mencatat data-data yang sudah diklasifikasikan kepada tabel-tabel yang kamu sediakan untuk pengujian data.

    1. Pengujian Data

Yang kelima adalah pengujian data. Setelah data diisikan pada tabel-tabel yang sudah disediakan, selanjutnya kamu bisa langsung menguji kualitas dari data. Pengujian kualitas data bisa dilakukan dengan beberapa metode dan kamu dibebaskan untuk memilih metode yang menurut kamu paling cocok untuk data yang kamu miliki.

    1. Mendeskripsikan Data

Yang keenam mendeskripsikan data. Setelah memastikan kualitas dari data yang sudah kamu uji, selanjutnya kamu bisa langsung mendeskripsikan data tersebut. Beberapa cara yang dilakukan oleh para peneliti untuk mendeskripsikan data adalah memproyeksikan data ke dalam diagram, grafik, dan sejenisnya.

    1. Menarik Hipotesis

Yang ketujuh adalah menarik hipotesis. Dari proyeksi data, kamu akan mendapatkan beberapa informasi yang bisa digunakan untuk menarik hipotesis. Hipotesis akan membantu kamu untuk mencari solusi yang tepat berkaitan dengan masalah-masalah dalam penelitian yang sedang kamu lakukan.

    1. Menguji Hipotesis

Yang kedelapan adalah menguji hipotesis. Pengujian hipotesis bisa dilakukan dengan beberapa metode khusus sehingga nantinya kamu bisa mengetahui apakah hipotesis yang sudah kamu buat bisa diterima atau tidak.

Itulah beberapa langkah yang harus kamu lakukan untuk melakukan analisis data. Untuk memperluas wawasan kamu, sebaiknya kamu harus benar-benar memahami langkah-langkah analisis data bukan hanya pengertian analisis data saja. Dengan memahami langkah-langkah analisis data, nantinya kamu akan terbantu ketika sedang menjalankan suatu penelitian atau penyelidikan.

Jenis-Jenis Analisis Data

Ada 2 jenis analisis data yang perlu kamu ketahui :

 

    1. Analisis data kuantitatif

 

Yang pertama analisis data kuantitatif. Analisis data kuantitatif adalah pengolahan data menggunakan metode matematis. Metode matematis digunakan karena data yang didapatkan merupakan data kuantitatif.

Maka dari itu, hasil analisis data kuantitatif berbentuk angka, indeks, dan sejenisnya. Hasil analisis nantinya akan disampaikan dalam bentuk uraian sehingga lebih mudah untuk dipahami. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan dalam melakukan analisis data kuantitatif :

 

    1. Pengelompokan Data

 

Yang pertama adalah pengelompokan data. Peneliti diharuskan mengelompokkan data yang sudah dikumpulkan sesuai dengan variabel yang sudah ditentukan sebelumnya. Nantinya data-data tersebut akan terbagi ke dalam beberapa kelompok dan akan dimasukkan ke dalam tabel.

 

    1. Memasukkan Data Pada Tabel

 

Yang kedua adalah memasukkan data pada tabel. Peneliti diharuskan membuat tabel khusus untuk menempatkan data-data yang sudah dikelompokkan berdasarkan variabel tertentu. Hal ini nantinya akan memudahkan peneliti dalam melakukan penghitungan.

 

    1. Penghitungan

 

Yang ketiga adalah melakukan penghitungan. Data-data yang sudah dicantumkan ke dalam tabel akan dihitung menggunakan metode matematis. Hasil dari penghitungan data berbentuk angka, indeks, dan sejenisnya. Nantinya hasil ini akan digunakan untuk pengujian hipotesis dari peneliti dan memecahkan masalah dalam penelitian.

Itulah beberapa langkah yang harus dilakukan untuk melakukan analisis data kuantitatif. Sesuai dengan pengertian analisis data kuantitatif bahwa pengolahan data menggunakan metode matematis. Dalam analisis data kuantitatif, ada 2 metode analisis yang biasa digunakan yaitu :

 

    1. Metode Deskriptif

 

Yang pertama adalah metode deskriptif. Metode ini memproyeksikan data ke dalam diagram, grafik, dan sejenisnya untuk memudahkan peneliti dalam memahami data. Hal tersebut juga memudahkan pembaca dokumen penelitian dalam memahami data yang digunakan dalam penelitian.

 

    1. Metode Inferensial

 

Yang kedua adalah metode inferensial. Metode ini menggunakan rumus statistika untuk melakukan penghitungan terhadap data. Nantinya hasil penghitungan akan digunakan untuk menarik kesimpulan.

 

    1. Analisis data kualitatif

 

Yang kedua analisis data kualitatif. Analisis data kualitatif adalah pengolahan data menggunakan metode sistematis dimana peneliti mencoba memahami hubungan antar data sehingga nantinya ditemukan suatu kesinambungan yang bisa menjadi jawaban. Ada beberapa tujuan melakukan analisis data kualitatif :

 

    1. Menjelaskan Argumen

 

Yang pertama adalah menjelaskan argumen. Argumen dari peneliti tentunya memiliki dasar yang jelas. Untuk menjelaskan argumen dari peneliti, metode analisis data kualitatif digunakan untuk membuktikan bahwa kesinambungan antar data. Dengan begitu, bisa dianggap bahwa argumen dari penulis memang memiliki bukti yang valid.

 

    1. Menjelaskan Suatu Proses

 

Yang kedua adalah menjelaskan suatu proses. Analisis data kualitatif biasanya menggunakan pendekatan 5W+1H dimana nantinya suatu proses akan diketahui secara rinci. Jadi, nantinya peneliti bisa memaparkan dengan jelas bagaimana sebuah proses bisa terjadi dan bagaimana tindakan yang diambil atas proses tersebut.

 

    1. Menjelaskan Suatu Peristiwa

 

Yang ketiga adalah menjelaskan suatu peristiwa. Analisis data kualitatif biasanya menggunakan pendekatan 5W+1H dimana suatu kejadian bisa diketahui dengan jelas kronologisnya. Kronologi dari suatu kejadian akan dijadikan oleh peneliti untuk memberikan penjelasan kepada orang lain.

Itulah beberapa informasi penting mengenai pengertian analisis data, langkah-langkah analisis data, dan jenis-jenis analisis data. Kamu bebas memilih jenis analisis data sesuai dengan kebutuhan kamu, karena setiap penelitian membutuhkan jenis analisis data yang berbeda-beda.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *