Menjamur Kala Pandemi, Ini Dia Tips Supaya Bisnis Tanaman Hias Laris Manis!

bisnis tanaman hias
bisnis tanaman hias

Menjamur Kala Pandemi, Ini Dia Tips Supaya Bisnis Tanaman Hias Laris Manis! – Pandemi tidak melulu mengenai hal negatif karena banyak juga hal positif yang terjadi di tengah bencana ini. Karena meningkatnya waktu luang seseorang yang dihabiskan di rumah, banyak orang yang mulai mengulik membuat suatu bisnis yang bisa dikerjakan dari rumah. Beberapa bisnis berkaitan dengan pandemi itu sendiri namun ada juga sebuah bisnis yang benar-benar dilakukan demi mengisi waktu luang.

Salah satu bisnis di masa pandemi yang naik daun adalah bisnis yang berkaitan dengan tanaman hias. Bisnis ini kian menjamur karena semakin banyaknya peminat tanaman. Mengurus tanaman bisa mengalihkan perhatian dari kejenuhan. Tanaman itu juga bisa dijadikan sebagai pencuci mata karena melihat tanaman hijau. Jika Anda ingin menjadi penjual tanaman hias yang sukses, maka perhatikan hal-hal berikut ini.

Ketahui Jenis Tanaman Apa yang Akan Dibudidayakan

Memulai bisnis tanaman hias bukan hanya sekedar menjualnya saja. Anda harus bisa memulai dari membudidayakannya supaya bisa mendapatkan sumber jualan yang lebih banyak. Ada banyak pilihan tanaman hias yang bisa Anda budidayakan dan banyak diminati oleh pasaran. Bagi Anda pebisnis pemula pada tanaman hias, ada baiknya memilih tanaman yang mudah untuk dibudidayakan.

Untuk langkah pertama, Anda bisa membudidayakan tanaman jenis daun dan jenis bunga. Keduanya mudah untuk dibiakkan, selain itu mudah juga untuk diperjual belikan. Tapi tentu saja, rawat tanaman tersebut dengan baik supaya bisa menarik para pembeli. Pada beberapa jenis tanaman bahkan nilai jualnya bisa sangat tinggi sehingga bisa cepat mengembalikan modal yang digunakan untuk memulai usaha.

Kenali Kebutuhan Tanaman

Supaya tanaman yang akan Anda jadikan sumber usaha bisa tumbuh dengan baik maka harus mengenali kebutuhan tanaman tersebut. Berbeda jenis tanaman, berbeda juga kebutuhannya. Memperkaya pengetahuan mengenai tanaman hias menjadi salah satu kunci kesuksesan bisnis tanaman hias tersebut. Dengan budidaya tanaman yang baik tentunya para pembeli tidak akan ragu untuk membeli.

Pilihan Lokasi yang Tepat

Dalam bisnis, lokasi menjadi salah satu kunci menentukan kesuksesan berbisnis. Jika Anda memutuskan untuk menjalankan bisnis tanaman ini, bukan hanya mengenai posisi strategis yang ramai dilalui orang saja, akan tetapi perhatikan juga apa lokasi tersebut cocok untuk tanaman yang Anda jual. Pastikan juga suhunya cocok, jauh dari polusi dan limbah yang bisa merusak kualitas tanaman yang dijual.

Ada baiknya, lokasi yang dipilih untuk bisnis tanaman hias cukup luas supaya tanaman bisa dideretkan dengan baik dan lebih leluasa. Pembeli juga tidak akan kesulitan ketika sedang memilih tanaman yang akan dibeli. Selain mengandalkan penjualan langsung, lakukan juga penjualan secara online. Akan tetapi, pastikan pengiriman tanaman tersebut aman dan bisa menjaga tanaman tetap segar.

Baca juga : 4 Ide Usaha Sampingan untuk Ibu Rumah Tangga, di Rumah Tetap Menghasilkan dan Tetap Berkarya

Ketahui Tren Tanaman Hias

Jika Anda sudah mahir membudidayakan tanaman hias, maka mulailah kembangkan tanaman hias yang sedang supaya usaha Anda tetap bisa bertahan dan tetap diminati. Pelajari kecenderungan tanaman yang banyak dicari dan populer di kalangan pembeli. Ada baiknya sediakan berbagai macam variasi tanaman supaya pembeli bisa memiliki pilihan dan tidak bosan dengan tanaman yang ditawarkan.

Apabila Anda bisa membudidayakan tanaman hias langka itu jauh lebih baik. Selain harga jualnya bisa jauh lebih tinggi dari tanaman hias lain, menyediakan tanaman langka juga bisa mengangkat nama bisnis tanaman hias Anda sehingga banyak diburu. Jika Anda melakukan pemasaran yang tepat, dengan memanfaatkan media sosial, pembeli yang datang bahkan bisa dari luar kota hanya demi membeli tanaman langka Anda.