blog stats Pengertian Proposal dan Contohnya – Myhomeku.com

Pengertian Proposal dan Contohnya

Pengertian Proposal, Proposal adalah sebuah naskah tulisan yang dibuat oleh penulis yang memiliki tujuan untuk menjabarkan dan menjelaskan rencana sebuah program kegiatan pada semua pembaca. Dengan begitu, bisa disimpulkan dengan membaca proposal maka pembaca bisa mengetahui dengan jelas dan terperinci mengenai tujuan serta maksud diselenggarakannya sebuah kegiatan.

Namun secara singkat, proposal sendiri masih berupa usulan sebuah program kegiatan dalam bentuk tertulis yang ditujukan pada semua pihak yang memiliki keterkaitan dengan kegiatan yang akan diselenggarakan.

Beberapa Pengertian Proposal Menurut Kalangan Ahli

Kata proposal sendiri jika diteliti berasal dari bahasa Inggris yaitu “to propose” yang memiliki arti memberikan pengajuan. Dan berikut ini rincian dari pengertian proposal menurut pendapat dari kalangan para ahli.

 

    1. Pendapat Kamus Besar Bahasa Indonesia

 

Bahwa proposal memiliki pengertian yaitu sebuah rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja secara tertulis.

 

    1. Pendapat Hasnun Anwar

 

Bahwa proposal mempunyai arti sebuah rencana yang disusun sedemikian rupa untuk kegiatan tertentu.

 

    1. Pendapat Keraf

 

Sedangkan menurut Keraf, proposal adalah sebuah saran atau permintaan kepada seseorang atau suatu badan untuk mengerjakan atau melakukan suatu pekerjaan.

 

    1. Pendapat Hadi

 

Bahwa proposal memiliki definisi yaitu suatu usulan yang terstruktur untuk agenda kerja sama bisnis yang dilakukan antar lembaga, perusahaan serta usulan kegiatan sampai pada kegiatan pemecahan masalah.

 

    1. Pendapat Jay

 

Proposal memiliki pengertian yaitu sebuah alat bantu manajemen suatu kegiatan yang dilakukan agar supaya manajemen kerja bisa berfungsi secara efisien.

Dari berbagai pendapat kalangan ahli mengenai pengertian proposal maka bisa dibuat kesimpulan bahwa proposal yaitu sebuah rencana atau rancangan kegiatan yang dibuat dengan susunan yang sistematis serta terperinci sesuai dengan standar yang telah ditetapkan untuk diajukan pada beberapa pihak yang dikehendaki.

Simak Syarat Untuk Menyusun Proposal yang Harus Dipenuhi

Agar supaya proposal bisa diterima dengan baik dan kegiatan yang diajukan terealisasi sesuai dengan harapan maka sebuah proposal harus memenuhi persyaratan berikut ini.

 

    • Hasil dari kegiatan yang diusulkan dalam proposal adalah harus terstruktur dan sistematis

 

    • Memiliki struktur atau logika yang jelas serta mudah untuk dipahami

 

    • Pada penjelasan anggaran dana yang dibutuhkan haruslah realistis dengan kondisi nyata kegiatan yang akan diselenggarakan

 

    • Susunan kegiatan harus dirumuskan dengan detail dan terperinci sehingga bisa diwujudkan sesuai harapan

 

 

Tujuan Penulisan Proposal

Adapun tujuan dari pembuatan atau penulisan proposal yaitu sebagai berikut :

 

    • Demi meraih dukungan dari pihak tertentu

 

    • Agar supaya mendapatkan sokongan dana untuk menyelenggarakan acara

 

    • Agar perizinan yang dibutuhkan dalam penyelenggaraan acara bisa diterbitkan

 

 

Mengetahui Apa Saja Fungsi Dari Pembuatan Proposal

Bahwa sebuah proposal disusun karena memiliki tujuan atau fungsi tertentu. Berikut beberapa fungsi dari pembuatan serta penyusunan proposal. Fungsi yang pertama dari proposal adalah bisa dipakai untuk keperluan pengajuan pendirian sebuah usaha.

Kemudian fungsi yang kedua adalah bisa digunakan untuk mengajukan proyek yang berasal dari berbagai macam lembaga. Fungsi yang ketiga adalah sebuah proposal bisa dipakai untuk menyelenggarakan berbagai acara kegiatan tertentu. Contohnya adalah pelatihan, lomba, seminar hingga perayaan.

Manfaat Pembuatan Proposal

Pembuatan proposal bisa dijadikan sebuah rencana yang nantinya akan memberikan arahan pada panitia ketika menyelenggarakan kegiatan tersebut. Proposal bermanfaat untuk memberikan penjelasan secara detail dan terperinci mengenai rencana kegiatan yang akan diselenggarakan pada pihak-pihak yang terkait

Dan proposal juga bisa digunakan untuk memantapkan niat pada donatur untuk memberikan dukungan finansial dan material mereka semaksimal mungkin dalam acara yang akan diselenggarakan

Kenali Jenis Proposal Sesuai dengan Bidangnya

 

 

    • Proposal Proyek

 

Proposal proyek adalah sebuah pengajuan rencana kegiatan yang berisi rangkaian rencana yang akan dilakukan dalam usaha atau bisnis secara komersial, sehingga jelas kaitannya adalah dengan dunia profesi atau usaha. Contoh proposal jenis ini misalnya proposal untuk proyek pembangunan sebuah kantor atau lembaga.

 

    • Proposal Kegiatan

 

Sedangkan untuk jenis proposal berikutnya adalah proposal kegiatan. Dalam hal ini proposal ini merupakan jenis proposal yang paling banyak dipakai dalam kalangan masyarakat seperti misalnya untuk mengadakan perlombaan atau perayaan. Kegiatan yang akan diadakan bisa bersifat kelompok atau perorangan.

 

    • Proposal penelitian

 

Jenis proposal yang dibuat untuk kebutuhan kegiatan yang terkait dengan bidang akademisi seperti misalnya untuk skripsi atau tesis. Umumnya dibuat untuk pengajuan kegiatan yang berkaitan dengan penelitian yang akan dilakukan.

 

    • Proposal bisnis

 

Dan jenis proposal yang terakhir jenis bisnis. Proposal adalah yang dibuat berkenaan dengan dunia bisnis atau usaha. Baik itu usaha kelompok atau perorangan. Contohnya adalah proposal mendirikan tempat usaha dan pendirian badan usaha.

Beberapa Unsur Utama Yang Ada Dalam Proposal

 

 

    1. Latar belakang masalah

 

    1. Rumusan masalah

 

    1. Tujuan penelitian

 

    1. Hipotesis atau jawaban sementara

 

    1. Asumsi penelitian yaitu anggapan dasar untuk menjadi alasan untuk berpikir dan bertindak

 

    1. Manfaat penelitian

 

    1. Ruang lingkup

 

    1. Kajian pustaka

 

    1. Definisi operasional

 

 

Membuat Proposal yang Benar dengan Kaidah Bahasa Proposal yang Berlaku

Untuk membuat sebuah proposal harus menggunakan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar. Bahasa yang dipakai dalam proposal harus memenuhi beberapa syarat, diantaranya adalah sebagai berikut.

 

    • Menggunakan kaidah bahasa ilmiah sesuai dengan jenis proposal yang dibuat

 

    • Memakai kata kerja tindakan yang dipakai untuk menjabarkan langkah dalam penelitian

 

    • Memakai kata yang memberikan penjelasan seperti adalah, merupakan, yakni atau yaitu

 

    • Memakai kata yang memberikan arti secara detail dan terperinci

 

    • Memakai kata yang memiliki sifat akan dikerjakan

 

    • Menggunakan kata yang bermakna denotasi atau makna yang sebenarnya

 

 

Ciri Sebuah Proposal yang Harus Diperhatikan

Bahwa sebuah proposal tentu memiliki ciri khusus yang bisa dikenali dengan mudah. Ciri yang pertama adalah dimana sebuah proposal berisi tujuan serta latar belakang acara atau kegiatan yang akan diselenggarakan.

Ciri yang kedua adalah bisa memberikan penjelasan ringkas dari sebuah kegiatan yang akan dilakukan. Sehingga pembaca proposal nantinya memahami seperti apa wujud kegiatan yang akan dilaksanakan sesuai dengan deskripsi yang tercantum di dalam proposal.

Ciri berikutnya adalah dimana sebuah proposal adalah berisi lembar pemberitahuan yang sudah dibukukan menjadi satu untuk diserahkan pada si pemilik acara. Proposal juga menjadi satu hal pemberitahuan awal dari sebuah kegiatan yang akan dilakukan.

Struktur dari Pembuatan Proposal Kegiatan

Sebuah proposal baru disebut proposal yang siap diajukan ketika sudah dibukukan dan siap untuk dibaca oleh penerima proposal. Dalam artian proposal sudah tersusun dengan rapi dan dijilid agar supaya pembaca mudah untuk mengakses setiap lembaran isi proposal. Adapun struktur yang harus ada dalam proposal adalah beberapa struktur.

 

    • Sampul

 

    • Latar belakang

 

    • Nama kegiatan yang diajukan untuk diselenggarakan

 

    • Tema

 

    • Tujuan penyelenggaraan kegiatan

 

    • Jenis kegiatan

 

    • Sarana promosi

 

    • Perkiraan anggaran yang dibutuhkan

 

    • Penutup

 

    • Daftar susunan kepanitiaan

 

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan proposal. Akan lebih baik jika dalam membuat sebuah proposal disertai dengan data yang terbaru serta argumentasi yang kuat untuk mengadakan kegiatan.

Sehingga tujuan dari pembuatan proposal bisa diterima dengan baik dan kegiatan yang direncanakan bisa terwujud dengan baik sesuai rencana. Sehingga bisa dipahami bahwa pengertian proposal adalah sebuah pengajuan rencana yang diusulkan untuk bisa terselenggara sesuai dengan harapan pembuat proposal.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *