Siap Untung Besar, Inilah Rekomendasi Bisnis di Bulan Ramadhan

bisnis di bulan Ramadhan
bisnis di bulan Ramadhan

Siap untung besar, inilah rekomendasi bisnis di bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan tinggal hitungan hari. Seperti diketahui, bulan ini adalah bulan yang spesial bagi umat Islam. Tiga puluh hari berpuasa untuk kemudian merayakan Idul Fitri bersama keluarga, adalah hal paling dinantikan semua orang.

Tak terkecuali bagi para pelaku bisnis. Ramadhan adalah momen yang tepat untuk meraih untung besar-besaran. Tentunya dengan catatan, asal tahu produk seperti apa yang sebaiknya dijual untuk merayakan Ramadhan.

Apakah Anda juga tertarik untuk merayakan euforia Ramadhan dengan memulai bisnis? Tidak usah berkecil hati meski Anda tidak punya modal besar. Asal Anda tekun dan sabar, bisnis dengan modal pas-pasan pun bisa berkembang. Nah, simak rekomendasi bisnis di bulan Ramadhan berikut sampai selesai!

Berjualan Takjil

Apa yang paling dinantikan oleh orang yang berpuasa? Jawabannya pasti waktu berbuka. Apa yang enak menjadi santapan awal saat berbuka? Pasti hampir semua orang di Indonesia memikirkan jawaban yang sama, yakni takjil.

Ya, berjualan takjil adalah ide bisnis yang tidak bisa dibilang baru. Namun begitu, percayalah selama bulan puasa, permintaan takjil akan selalu tinggi kurvanya. Anda bisa memulai dari modal yang kecil saja, dengan membuat takjil sendiri.

Anda bisa mulai mencari resep kolak yang enak, jajan-jajan pasar yang simpel dan selalu dicari, atau resep-resep minuman segar seperti es. Cukup jajakan takjil Anda di depan rumah jika rumah Anda lokasinya strategis. Atau cari tempat lain yang sekiranya ramai untuk berjualan.

Jika tidak mau ribet membuat jajan sendiri, Anda bisa memulai bisnis takjil ini dengan membeli takjil di produsen takjil. Jadi, Anda tinggal menjualnya saja dengan mengambil untung. Biar bagaimanapun, bisnis di bulan Ramadhan yang satu ini tidak boleh dilewatkan!

Apa Bisnis Di Bulan Ramadhan yang Bisa Anda Jalankan?

Bisnis Pakaian Muslim

Idul Fitri identik dengan baju baru. Maka, tidak heran jika brandbrand fashion sudah mulai memamerkan koleksi Idul Fitri mereka bahkan sebelum Ramadhan tiba. Persaingan di bisnis fashion muslim saat Ramadhan memang ketat sekali. Akan tetapi, bisa dibilang tidak ada yang tidak laku. Hal ini berkaitan erat dengan permintaan pasar yang sangat tinggi.

Anda pun bisa memulai bisnis di bulan Ramadhan dengan berjualan pakaian muslim. Mulai dari jilbab, gamis, baju koko, atau mukena. Tidak perlu repot-repot membuat brand sendiri, Anda bisa memulai dengan menjadi reseller brand fashion muslim ternama.

Jika ingin modal yang lebih minim untuk bisnis pakaian muslim tersebut, cobalah untuk menjadi dropshipper. Pasarkan produk dari suplier Anda di media sosial atau buatlah toko di platform-platform marketplace. Jika sudah mempelajari ilmunya, bisnis ini pasti akan berhasil.

Baca juga : Jangan Takut Gagal, Begini Tips Bisnis Online untuk Pemula

Bisnis Paket Kue Kering

Selain baju baru, Idul Fitri juga identik dengan aneka kue kering untuk suguhan tamu. Ini menjadi salah satu bisnis  yang juga sangat menjanjikan. Anda bisa memulainya dengan membuat kue kering sendiri. Dengan begitu, modal yang dibutuhkan bisa diatur sendiri.

Anda juga bisa menjadi reseller kue kering dengan lebih dulu membeli pada tengkulak. Biasanya, akan ada harga khusus jika memborong dalam jumlah banyak. Kemudian pasarkan kue kering Anda melalui platform online atau media sosial. Pasti, pelanggan mulai berdatangan.

Itulah beberapa rekomendasi bisnis di bulan Ramadhan yang bisa dicoba. Bisnis lain seperti jualan kurma, parsel, atau rental mobil untuk keperluan mudik juga memiliki prospek yang baik. Jadi, selamat mencoba!