Strategi Jitu Jalankan Bisnis Jasa Affiliate Marketing

jasa affiliate marketing
jasa affiliate marketing

Strategi Jitu Jalankan Bisnis Jasa Affiliate Marketing – Sistem berjualan secara online semakin booming saat ini. Terutama dengan adanya pandemi Covid-19 yang membatasi ruang gerak setiap orang. Selain itu, keinginan untuk mendapatkan barang yang diinginkan tanpa harus keluar rumah yang semakin tinggi juga membuat bisnis ini kian melejit.

Menariknya lagi, untuk memulai bisnis online ini modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar. Bahkan, hanya dengan mengandalkan HP android dan kuota internet saja sudah cukup untuk merintis usaha online Anda.

Salah satu alternatif usaha bisa mendatangkan rupiah dengan memanfaatkan internet adalah menjadi affiliate marketer. Ada beberapa strategi jitu agar sukses membangun karir di bidang ini, diantaranya adalah:

Mempelajari Produk

Sebelum masuk ke dunia bisnis yang satu ini, biasakan untuk mempelajari terlebih dahulu tentang produk atau jasa yang akan dipromosikan. Anda bisa mengumpulkan informasi ini dengan cara bertanya secara langsung ke supplier atau tim admin, dari brosur, atau dari media sosial.

Caritahu apa saja kelebihan yang dimiliki, kekurangan, harga pasarannya, cara menggunakan produk tersebut, apa manfaatnya, dan sebagainya. Dengan demikian, Anda akan memiliki pemahaman mengenai produk atau jasa yang Anda promosikan.

Produk sesuai Passion

Strategi berikutnya agar sukses dalam merintis bisnis jasa affiliate marketing adalah dengan memilih produk yang sesuai dengan passion Anda atau produk yang Anda sukai. Cara yang satu ini akan menjadikan Anda lebih giat dalam berusaha karena telah mengenal produk secara mendalam.

Menciptakan Website atau Blog

Agar bisnis yang Anda bangun semakin dikenal oleh masyarakat secara luas. Strategi berikutnya yang harus diterapkan adalah membuat blog atau website khusus untuk berjualan secara online. Dengan kehadiran website atau blog ini, branding Anda sebagai seorang affiliate marketer semakin meningkat.

Sebagai saran, jangan hanya sekadar share produk atau jasa yang ditawarkan. Melainkan, tambahkan beberapa artikel atau konten yang bermanfaat bagi para pembaca. Terutama hal-hal yang masih ada kaitannya dengan bisnis yang Anda jalani.

Sebagai contoh, Anda menjadi affiliate dan berjualan busana muslim secara online. Maka, tambahkan artikel yang berkaitan dengan hal tersebut. Seperti, tips memilih jenis kain yang nyaman di badan, trik menggunakan hijab agar tidak terlihat tembem, dan lain-lain.

Real Testimoni

Konsumen akan semakin percaya pada suatu produk jika ada testimoni dari para pengguna. Untuk itu, tidak ada salahnya jika sebagai pebisnis jasa affiliate marketing yang terpercaya untuk mencoba produk yang Anda jual tersebut terlebih dahulu.

Kemudian, berikan testimoni berdasarkan pengalaman pribadi Anda saat menggunakan produk tersebut. Misalnya, bagaimana keunggulannya, manfaat yang dirasakan setelah menggunakan produk tersebut, dan sebagainya. Jika hal ini dilakukan, niscaya website Anda akan kebanjiran order karena percaya dengan isi testimoni yang Anda sampaikan.

Pahami Calon Pembeli

Untuk menjadi seorang affiliate marketer yang sukses, Anda harus memahami apa yang dibutuhkan oleh calon pembeli. Caranya adalah dengan mencari tahu apa saja yang sering ditanyakan berkaitan dengan produk yang Anda jual. Kemudian, buatlah review produk berisi tentang jawaban dari berbagai pertanyaan tersebut.

Baca juga : Mengapa Bisnis Franchise Sangat Diminati? Ini Jawabannya

Tambahkan Call to Action

Fokus utama sebagai affiliate marketer adalah agar calon konsumen menggunakan kode referral Anda. Untuk itu, setiap akhir promosi jangan lupa untuk menambahkan CTA (Call to Action) yang unik dan menarik agar mereka semakin tertarik dengan penawaran yang Anda berikan.

Untuk bergabung dan sukses dalam bisnis jasa affiliate marketing, terapkan berbagai strategi yang jitu mulai dari pengenalan produk hingga menambahkan CTA. Jika hal ini diterapkan dengan serius dan semangat, maka peluang untuk sukses akan menjadi semakin besar.